Upacara Pembukaan Asian Games 2018, Polisi Bagi Empat Ring Pengamanan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)
Jakarta, Sayangi.com – Polri, TNI dan pihak pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan pengamanan upacara pembukaan Asian Games 2018. Upacara pembukaan rencananya akan dipusatkan di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu, (18/8).
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, perhelatan Asian Games akan dibuka pukul 19.00 WIB. Untuk skema pengamanannya, pihak kepolisian membaginya menjadi empat ring.
“Untuk pengamanannya kami akan membaginya menjadi empat ring. Untuk ring satu itu ada di stadion Gelora Bung Karno, ring dua akses ring road, ring tiga akses masuk ring,” ujar Argo di Jakarta, Sabtu (18/8).
Sementara untuk ring empat, kata Argo, berada di sekitar wilayah Gelora Bung Karno. Diantaranya ada di Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman dan jembatan penyebrangan orang di sekitar lokasi.
Lebih jauh Argo menjelaskan, dari total 11 pintu akan ada sembilan pintu akan dibuka pada pembukaan Asian Games nanti malam. Sementara dua pintu lainnya akan ditutup.
“Dari pintu satu sampai dengan 11 ada sembilan akses pintu masuk. Kecuali pintu tiga dan empat itu tidak dapat dilalui,” terangnya.
Seperti diketahui, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir meyakini, Asian Games di Jakarta dan Palembang akan menjadi warisan berharga bagi generasi penerus bangsa Indonesia. Perhelatan Asian Games diawali dengan sebuah upacara pembukaan yang megah, spektakuler dan sakral
“Kami yakin Asian Games 2018 akan menciptakan perdamaian di benua Asia dan tentunya memperkuat persatuan bangsa Indonesia,” kata Erick, Jumat (17/8).
Pada saat rangkaian acara pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung juga pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh 70 anggota Paskibra. Formasinya 17 orang sebagai pengawal, 8 orang sebagai pembawa bendera dan 45 orang sebagai penjaga yang menggambarkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945.