Panglima TNI: Tidak Ada yang Boleh Mengoperasikan Drone Saat Pembukaan Asian Games

Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Jakarta, Sayangi.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, selama upacara pembukaan Asian Games 2018, tidak boleh ada drone yang diterbangkan. Seperti diketahui, upacara pembukaan Asian Games akan dipusatkan di area Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8).

“Di area GBK tidak akan bisa menerbangkan drone saat opening ceremony. Ketika terbang pun drone pasti tidak akan bisa dikendalikan lagi,” ujar Hadi, di Jakarta, Sabtu (18/8).

Hadi menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik agar drone tidak bisa beroperasi selama upacara pembukaan Asian Games di GBK. Ini dilakukan sebagai pengamanan untuk Presiden dan tamu negara.

“Kalau masih ada yang bandel menerbangkan drone pas opening ceremony, secara otomatis drone tersebut tidak akan bisa digunakan. Karena frekuensi dari drone itu akan kita block,” jelasnya.

Menurut Hadi, larangan mengoperasikan drone saat pembukaan Asian Games ini bukan tanpa alasan. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi kemungkinan teror yang dilakukan dengan menggunakan drone.

Dengan adanya pengamanan yang ketat dari Polri dan TNI, Hadi berharap, upacara pembukaan Asian Games dapat berjalan sesuai rencana. Apalagi rencana pengamanan sudah dibahas secara matang sejak jauh hari sebelumnya.

“Seluruh sistem, personel, semuanya sudah mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing. Sehingga Insya Allah semuanya akan berjalan dengan lancar,” pungkasnya.