Survei Alvara Research: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 53,6 persen, Prabowo-Sandi 35,2 persen

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin

Jakarta, Sayangi.com – Alvara Research Center hasil survey terbaru terkait pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin lebih unggul dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Founder dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali mengatakan, ada tiga faktor untuk menentukan kemenangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 2019 April nanti.

“Ada tiga kunci untuk memenangkan Pilpres 2019, yaitu Pemilih Jasuma (Jawa-Sumatra), Pemilih Muda (Gen Z – Milenial), serta Pemilih Muslim,” kata Hasanuddin Ali di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (27/8).

Pada survei yang dilakukannya terhadap tiga pemilih tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di pemilih Jawa, pemilih muda, dan pemilih muslim. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya unggul di pemilih Sumatera.

“Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 53,6 persen. Sementara itu elektabilitas Prabowo-Sandiaga 35,2 persen, sedangkan pemilih yang belum memutuskan sebesar 11,2 persen,” paparrnya.

Survei tersebut dilakukan di seluruh Indonesia dengan wawancara tatap muka kepada responden sebanyak 1.500 orang.

Survei diambil dengan metode multistage random sampling, di 34 Provinsi.