Jerman Upayakan Perjanjian tentang Migran dengan Italia

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer gambar kanan. Foto AP News
Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer gambar kanan. Foto AP News

Berlin,Sayangi.com- Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer mengatakan ia yakin akan mencapai perjanjian dengan Italia soal migran. Jerman berharap negara itu berkenan menerima kembali migran yang tiba di perbatasan Jerman-Austria setelah sebelumnya para pengungsi mengajukan suaka di Italia.

Sebelumnya Jerman berhasil mencapai perjanjian serupa dengan Yunani dan Spanyol. Jerman telah mengupayakan saat kedua negara tersebut menerapkan perjanjian domestik untuk meredakan perselisihan politik internal tentang migrasi.

Dilansir dari VOA news Senin (27/8) Mendagri Jerman Seehofer pada Juni lalu mengancam untuk mengembalikan migran yang sebelumnya telah terdaftar secara sepihak di perbatasan Jerman-Austria. Namun Kanselir Angela Merkel bersikeras Jerman harus terlebih dahulu mencapai perjanjian dengan negara-negara lain.

Seehofer mengatakan kepada stasiun televisi ZDF bahwa ia mencapai kemajuan berarti dengan Italia. Ditambahkannya, sebagai imbalan kesediaan Italia menerima kembali para migran yang mengajukan suaka itu, Jerman akan menerima migran yang diselamatkan di laut dalam jumlah yang sama.