Otoritas Italia Akhirnya Setujui 140 Imigran Turun dari Kapal

Anak anak penumpang kapal migran kapal Diciotti dijinkan turun dari kapal. Foto Reuters
Anak anak penumpang kapal migran kapal Diciotti dijinkan turun dari kapal. Foto Reuters

Catania,Sayangi.com- Hampir 140 imigran yang terjebak di sebuah kapal di pelabuhan Italia akhirnya diizinkan turun, Minggu 26 Agustus 2018 pagi waktu setempat, setelah negara Irlandia dan Albania sepakat menampung beberapa dari mereka.

Sebelum mendapat kepastian sikap dari negara-negara anggota Uni Eropa negara Italia menolak mereka semua untuk turun ke pelabuhannya. Dikutip dari AFP,Senin (27/8/2018) Kapal berisi banyak imigran itu sudah berada di pelabuhan Catania sejak Senin pekan lalu

Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini akhirnya mengizinkan para imigran untuk turun dari kapal Diciotti setelah adanya sebuah perjanjian yang dimediasi Gereja Katolik pada Sabtu pekan lalu.

Awalnya ada sekitar 180 orang di kapal tersebut saat tiba di Catania. Namun Roma mengizinkan 27 imigran anak-anak di kapal itu untuk turun pada Rabu pekan lalu. Beberapa hari setelahnya, sejumlah imigran lain diizinkan turun lantaran alasan medis.

Langkah menurunkan imigran terjadi beberapa jam setelah tim jaksa Italia disebut-sebut sudah membuka penyelidikan mengenai dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Salvini.

Pada Jumat pekan lalu pemerintahan populis Italia mengancam menghentikan aliran dana ke Uni ropa (EU), kecuali jika blok tersebut bersedia menampung sejumlah imigran dari Diciotti.

Uni Eropa tak gentar terhadap ancaman Italia. Uni Eropa (EU) merespons keras pernyataan Italia, dengan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tunduk terhadap ancaman.