Kandungan Zat Dalam Kedelai Bantu Obati Masalah Usus

Kedelai adalah sumber protein yang diperlukan tubuh. Foto The Independent
Kedelai adalah sumber protein yang diperlukan tubuh. Foto The Independent

Jakarta,Sayangi.com- Kedelai atau kacang kedelai, adalah jenis kacang-kacangan yang sangat mudah dicerna oleh tubuh daripada jenis kacang-kacangan yang lain. ini dikarenakan kandungan dalam kedelai, persentase yang sangat tinggi adalah protein, sehingga kedelai sangat baik sebagai pengganti protein hewani atau daging.

Penelitian terbaru dari Penn State University menemukan kedelai tak hanya mengandung banyak protein, kedelai ternyata juga dapat membantu mengobati sindrom iritasi usus (IBS).

Para peneliti telah melakukan penelitian pada tikus, yang dibuat untuk memiliki kondisi yang mirip dengan kolitis ulserativa.

Hasil penelitian menemukan bahwa masalah seperti penurunan berat badan dan pembengkakan limpa berkurang ketika konsentrat protein kedelai digantikan sekitar 12 persen dari sumber protein lainnya.

Salah satu peneliti,Zachary Bitzer mengatakan “Kami tidak ingin terbawa dengan menggunakan dosis yang sangat tinggi dan akan mengerahkan semua protein lain yang ada di sana. Sebaliknya, kami ingin menemukan skenario yang akan cocok dengan situasi yang lebih relevan dengan tubuh manusia.

Meskipun penelitian tersebut hanya dilakukan pada tikus, namun para peneliti yakin ini juga berlaku pada manusia dewasa karena konsentrasi protein kedelai adalah bahan yang sangat umum.

Namun, para peneliti belum meyakini apakah kandungan dalam protein kedelai yang mampu mengurangi gejala IBS karena konsentrasinya,termasuk serat kedelai juga.

Penelitian yang dilakukan oleh kelompok lain sebelumnya,menyebutkan Kedelai dianggap dapat meningkatkan risiko kanker pada wanita. Ini lantaran Isoflavon alami zat kedelai bekerja sama dengan estrogen, yang dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Meski demikian, MD Anderson Cancer Centre mengatakan bahwa produk kedelai dapat dikonsumsi dengan aman.

Senada dengan MD Anderson Cancer Centre, Clare McKindley dari Penn State University menyebutkan Kedelai mengandung semua asam amino esensial. Zat tersebut yang berperan dalam mendukung fungsi vital tubuh.

sumber: extension.psu.edu