Iran Berharap Negara Penanda Tangan Perjanjian Nuklir Bertindak Cepat

Presiden Iran Hassan Rouhani /Foto: AFP

Teheran,Sayangi.com- Iran mengharapkan negara-negara yang masih terikat dalam perjanjian nuklir Iran agar bertindak cepat untuk mematuhinya. Kepatuhan Iran harus ditukar dengan pencabutan sanksi dari para negara penanda tangan.

Senin (27/8) Kantor Kantor Berita Republik Islam (IRNA). melaporkan bahwa Presiden Rouhani menyampaikan harapan tersebut lewat pembicaraan telepon dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

“Iran telah bertindak berdasarkan semua janji dalam perjanjian nuklir. Iran berharap negara-negara mitra yang masih terikat dengan perjanjian (JCPOA) agar melaksanakan program-program mereka dengan lebih cepat dan lebih transparan,” tulis IRNA.

Seperti diwartakan sebelumnya CPOA atau “Iran nuclear deal” merupakan pakta kesepakatan antara Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB (China, Prancis, Rusia, Inggris, AS)ditambah Jerman dan Uni Eropa.

Mengacu pada paktatersebut, Iran dituntut untuk mengurangi stok uranium (bahan baku pembuat nuklir) hingga 98 persen dan berhenti menjalankan program pengembangan senjata nuklir. Kepatuhan Iran akan ditukar dengan pencabutan sanksi dari para negara penanda tangan.

Setiap 90 hari, para anggota JCPOA wajib memberikan “sertifikasi kepatuhan” terhadap Iran. Serifikasi tersebut telah dimulai pada 12 Mei 2018.

sumber: voa news dan Jerusalem Post