Macron Beberkan Keamanan Eropa Tidak Harus Bergantung pada AS

Presiden Macron berpidato dihadapan para Dubes Perancis di Paris. Foto Washington Post
Presiden Macron berpidato dihadapan para Dubes Perancis di Paris. Foto Washington Post

Paris,Sayangi.com- Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyatakan desakan merealisasikan proyek pertahanan Eropa. Macron mengatakan keamanan Benua Biru itu seharusnya tidak terlalu bergantung pada Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Al- Arabiya news pada Selasa (28/8) di hadapan para Duta Besar Perancis di Paris, Macron menyampaikan pidato. Macron mengungkapkan Eropa harus bisa melepaskan ketergantungan pada AS . Uni Eropa harus mulai mandiri dalam memastikan keamanan mereka,ujar Macron.

“Eropa tidak dapat bergantung pada AS hanya untuk keamanannya. Terserah kita untuk memenuhi tanggung jawab dan menjamin keamanan kita, dan karena itu kedaulatan Eropa,” ujar Macron.

Presiden Perancis Macron mengungkapkan diskusi tentang kerja sama pertahanan harus diperluas ke semua negara Eropa dan Rusia.Namun Kerjasama tersebut harus dengan syarat adanya kemajuan yang dibuat dengan Moskow terkait pembahasan mengenai pertempuran di timur Ukraina antara pemerintah dan separatis yang didukung Rusia.

Negara-negara Uni Eropa (UE) sendiri sejatinya telah secara resmi meluncurkan kerja sama pertahanan baru dengan program investasi militer bersama. Kerjasam resmi tersebut mengarah pada pengembangan proyek yang bertujuan membantu UE menghadapi tantangan keamanannya. Kerjasama tersebut telah diluncurkan pada November tahun lalu

Kerjasama ini yang dikenal sebagai kerjasama terstruktur permanen, atau PESCO. 23 dari 28 negara anggota UE telah menandatangani kerjasama ini.

Namun Inggris, yang akan meninggalkan UE pada 2019, serta Denmark, yang tidak memiliki PESCO pertahanan, adalah negara yang tidak ambil bagian dalam perjanjian diatas.