Amerika Serikat dan Meksiko Sepakati Perjanjian Perdagangan Baru

Trump Melakukan Perbincangan lewat telephone dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto Senin 27/8/2018. Foto DW
Trump Melakukan Perbincangan lewat telephone dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto Senin 27/8/2018. Foto DW

Washington,Sayangi.com- Menteri Economi Meksiko, Idelfonso Guajardo hadir di Gedung Putih hari Senin (27/8). Amerika Serikat dan Meksiko telah menyepakati perjanjian perdagangan baru pengganti NAFTA.

Perjanjian baru tersebut akan meninggalkan Kanada dalam upaya merevisi atau mengganti Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara NAFTA. Pokok perjanjian ini disampaikan Donald Trump di Gedung Putih hari Senin (27/8).

Perjanjian perdagangan yang baru ini akan disebut sebagai “Perjanjian Perdagangan Amerika-Meksiko. Kita akan menghapus nama NAFTA yang memiliki konotasi buruk karena selama bertahun-tahun Amerika sangat dirugikan oleh NAFTA,” ujar Trump.

“Ini hari istimewa bagi perdagangan, hari istimewa bagi negara kita,’’ ujar Trump kepada para awak media yang hadir di kantor presiden di Gedung Putih untuk menyaksikan pembicaraan Presiden Trump dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto melalui telepon.

Pemimpin Meksiko itu menyampaikan harapan untuk “memperbarui dan memodernisasi” NAFTA, sementara retorika Trump menunjukkan bahwa ia melihat perjanjian tiga negara yang sudah berumur 24 tahun itu tidak berlaku lagi.

“Kami akan mengadakan konferensi pers resmi dalam waktu yang tidak lama lagi” tentang pakta perdagangan ini, ujar Trump pada Pena Nieto.

“Ini adalah sesuatu yang sangat positif bagi Amerika dan Meksiko,” jawab Pena Nieto, yang mengatakan bahwa ia menanti saat-saat untuk bersulang dengan Trump guna merayakan pencapaian itu, dan menunjukkan kepada mitranya bahwa ia “sangat bersyukur, mengakui dan menghargai kemauan politik dalam semua hal ini.”

Meksiko telah sepakat untuk segera membeli sebanyak mungkin produk pertanian dari Amerika, demikian menurut Trump.

Namun masa jabatan Pena Nieto akan berakhir pada 1 Desember mendatang. Nieto, akan menyerahkan tampuk pimpinan kepada penggantinya yang berasal dari kelompok kiri, Andres Manuel Lopez Obrador. Ini berarti hanya ada sedikit waktu bagi parlemen untuk meratifikasi perjanjian itu sebelum terjadi pergantian kekuasaan di pemerintahan.

Gedung Putih juga siap untuk memberitahu Kongres secara resmi pada akhir pekan ini. Trump berniat menandatangani perjanjian perdagangan baru ini dalam waktu 90 hari.