PM Pakistan Imran Khan Kutuk Lomba Kartun Nabi Muhammad

Imran Khan (gambar paling kiri) mantan pemain Kriket hari Sabtu (18/8)telah diambil sumpahnya sebagai Perdana Menteri Pakistan.Foto AFP
Imran Khan (gambar paling kiri) mantan pemain Kriket hari Sabtu (18/8)telah diambil sumpahnya sebagai Perdana Menteri Pakistan.Foto AFP

Islamabab,Sayangi.com- Pemerintah dan Senat Pakistan menyampaikan keberatannya dengan rencana lomba menggambar kartun Nabi Muhammad di Belanda. Lomba tersebut telah digagas politisi anti-Islam, Geert Wilders. Kontes kontroversial ini akan digelar Wilders di markas partainya, Partai Kebebasan atau Partij voor de Vrijheid (PVV) pada 10 November 2018.

Pada hari Senin,(27/8) Senat Pakistan dengan suara bulat mengeluarkan resolusi yang mengutuk kontes tersebut. Dilansir dari Al-Jazeera Selasa (28/8)di hadapan senat di Islamabad  lewat pidato pertamanya, PM Imran Khan berikrar akan membawa masalah ini ke Majelis Umum PBB pada bulan September. Khan menyebut perlombaan tersebut sebagai “kegagalan kolektif dunia Muslim”.

Khan memaparkan”Sangat sedikit orang di Barat yang memahami rasa sakit Muslim yang disebabkan oleh oleh kegiatan-kegiatan penghujatan seperti itu.

“Pemerintah kami akan mengangkat masalah ini di Organisasi Kerja Sama Islam. Pakistan akan mengangkat masalah ini agar negara-negara di organisai tersebut membuat kebijakan kolektif yang kemudian dapat diangkat di forum internasional. Hal ini seharusnya sudah dilakukan sejak lama,” imbuh PM Khan.

Sebelumnya pemerintah Belanada yang dipimpin Perdana Menteri Mark Rutte sudah menegaskan bahwa kontes itu bukan inisiatif pemerintah. Perdana Menteri Mark Rutte telah menegaskan Wilders bukan anggota pemerintah.

Sementara itu Wilders penggagas lomba yang sekaligus pemimpin partai terbesar kedua di parlemen Belanda, mengklaim telah menerima lebih dari 200 pendaftar kontes. Tanggal terakhir untuk pendaftaran adalah 31 Agustus,ungkapnya

Pemenang kompetisi akan diumumkan di kantor PVV di Den Haag. Pemenang pertama akan memperoleh hadiah uang tunai USD10.000. Seperti diketahui Keyakinan pemeluk Islam menggambarkan fisik Tuhan dan Nabi Muhammad hukumnya dilarang atau Haram.