Gedung Patuh Diresmikan, DPR: Ini Warisan Berharga Irjen Machfud Untuk Polri

Anggota Komisi III DPR Faksi PDIP, Arteria Dahlan. (Foto: Sayangi.com/Tri)

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian di Surabaya, meresmikan empat gedung baru hasil renovasi dan pembangunan Polda Jawa Timur, saat masa kepemimpinan Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin.

Gedung-gedung yang diresmikan Kapolri adalah Gedung Patuh (Proaktif, Amanah, Tegas, Unggul dan Humanis), Gedung Serba Guna Mahameru, Gedung Poliklinik/IGD dan Gedung Rawat Inap RS Bhayangkara Polda Jatim.

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengapresiasi pembangunan gedung, yang merupakan pencapaian Machfud sebagai Kapolda. Hal ini sekaligus membumikan visi Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) Polri secara nyata.

“Hari ini adalah hari pembuktian dimana reformasi dalam tubuh kepolisian RI sudah dapat dibumikan dalam segala makna dan pengertiannya. Pak Kapolda Jatim telah berhasil memperlihatkan kepada kita semua bahwa kalau didasari dengan niat baik, kemauan untuk bekerja tulus dan mengabdi, pastinya bisa mencapai tujuan,” ujar Arteria dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/8).

Arteria mengaku dirinya tidak menyangka apa yang dibangun di Mapolda Jatim dapat sebegitu bagus. Konsep pembangunan gedung baru tersebut juga dinilai sarat pertimbangan filosofis, namun tidak melupakan kearifan lokal yang ada.

“Pak Kapolda ini merupakan contoh Pejuang Polri yang membumikan konsep polisi pejuang. Polisinya Indonesia yang sekaligus membumikan visi Promoter Polri,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menerangkan, apa yang dibangun Machfud mungkin tidak akan dinikmati, karena ia akan purna tugas. Namun dengan diresmikannya gedung ini, Machfud telah mewarisi sesuatu yang berharga bagi Polri.

“Ini warisan yang dibuat dan dipersembahkan dengan penuh kehormatan, sebagai persembahan beliau kepada Polri, kepada negara dan bangsa,” tegasnya.

Sebagai mitra kerja di Komisi III, Arteria mengaku merasa kehilangan sosok Machfud, yang selama ini menjabat sebagai Kapolda Jatim. Karena dibawah kepemimpinan Machfud, polisi di Jatim terasa sangat dekat dengan seluruh masyarakat.

“Beliau nyaris tak berjarak dengan semua elemen masyarakat Jatim, bagaimana kedekatan beliau dengan Ulama, dengan Umara. Selain itu beliau juga dapat akrab dengan rekan-rekan dunia usaha dan masyarakat Jatim secara keseluruhan,” katanya.