Gedung Putih Tak Rekomendasikan Turki Belanja Rudal Kremlin

Rudal S-400 buatan Rusia. Foto dw
Rudal S-400 buatan Rusia. Foto dw

Washington Sayangi.com- Menteri Pertahanan Amerika kabinet Trump,Jim Mattis pada Selasa, 28 Agustus mengatakan, Amerika prihatin, Turki membeli sistem pertahanan rudal Rusia. Sistem pertahanan yang akan dibeli Turki dari Rusia ini tidak bisa diintegrasikan ke dalam NATO.

Amerika telah memperingatkan,hal tersebut pada  Turki. Bahkan Amerika mengancam  negara Turki akan dikenakan sanksi. Selain itu, Amerika mengancam akan membatalkan penjualan jet tempur Lockheed Martin ke Turki, jika Ankara tidak membatalkan rencana membeli sistem pertahanan rudal besutan Rusia.

Kepada para awak media Mattis mengatakan Jelas, jika Turki membeli sistem rudal dari Rusia berarti Turki membawa sistem anti-pesawat, anti-rudal Rusia ke negara NATO. Hal tersebut tidak bisa kami integrasikan ke dalam NATO. Ya, itu mengkhawatirkan dan kami tidak merekomendasi itu,” ujar Menhan AS Mattis.

Tak tinggal diam Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela keputusannya untuk membeli sistem pertahanan itu dari Rusia. Erdogan beralasan bahwa AS telah menolak permintaannya untuk memberikan lebih banyak perangkat keras selama bertahun-tahun.

“Apakah kita akan bergantung pada AS lagi?” kata Erdogan pada bulan Juni. “Ketika kami telah menuntut dari mereka selama bertahun-tahun, jawaban yang telah diberikan kepada kami adalah: Kongres (AS) tidak memungkinkan,” ujar Erdogan.

sumber : Russia Today