OSO Sebut DPR di Bawah Kepemimpinan Bamsoet Lebih Baik dari Sebelumnya

Oesman Sapta Odang (OSO). (Foto: dok sayangi.com)

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan, DPR RI di bawah kepemimpinan Bambang Soesatyo (Bamsoet) lebih baik dibanding DPD RI dan MPR RI.

Hal itu dikatakan OSO menanggapi hasil survei Charta Politika yang menyimpulkan bahwa DPR RI di era Bamsoet lebih baik.

Oso mengungkapkan, kepemimpinan Bamsoet lebih baik daripada Setya Novanto. Menurut Oso, keberhasilan Bamsoet dikarenakan sudah memiliki pengalaman sewaktu menjadi Ketua Komisi III.

“Bamsoet ini kan dia pernah di Komisi III, jadi prinsip dasar hukum dia mengerti. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang ketangkep KPK, ini menunjukkan kinerja itu potensi untuk membaik. Harapan masyarakat itu terlalu besar kepada kebijakan-kebijakan DPR, terlalu besar,” kata OSO di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/8).

Oso mengatakan, DPD pun ke depannya akan meniru keberhasilan DPR dengan mengevaluasi seluruh aspek yang ada. Untuk itu, Oso pun berharap DPD akan menjadi lebih baik lagi, bahkan melebihi pencapaian DPR saat ini.

“Dengan adanya penilaian-penilaian begini, kita juga kayaknya harus mengevaluasi, kalau saya serahkan kepada masyarakat. Apa nilai DPD sekarang di mata masyarakat, kalau umpamanya nilainya positif, itu artinya masyarakat yang menilai. Kalau negatif, kita harus memperbaiki terus mengejar memperbaikinya,” ujarnya.

Oso menjelaskan, evaluasi tersebut akan dilakukan di semua bidang khususnya pengawasan dan pengembangan daerah, karena berdasarkan Undang-Undang MD3, DPD memiliki koneksi yang paling dekat dengan daerah.

“Dalam sistem pengawasannya kan PP-nya belum ada, jadi harus bekerjasama bagaimana melakukan manuver-manuver pengawasan sehingga tidak atau minimal memperkecil kemungkinan-kemungkinan kegagalan dalam pembangunan daerah,” pungkasnya.