Kerap Memeras Supir Bajaj, Empat Preman di Tanah Abang Diamankan Polisi

Subdit Resmob Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengamankan empat tersangka pemerasan di wilayah Tanah Abang.

Jakarta, Sayangi.com – Subdit Resmob Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengamankan empat tersangka pemerasan di wilayah Tanah Abang pada Senin (27/8) lalu. Keempat tersangka berinisial MN alias J alias A, IS alias K, MS alias G, dan I alias D.

Kanit I Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Malvino mengatakan, keempatnya berprofesi sebagai juru parkir di kawasan Pasar Tanah Abang. Mereka biasa mengatur parkir di Blok A dan Blok F pasar tersebut.

Selain menjadi juru parkir, keempat tersangka juga kerap memeras supir bajaj dan angkot di wilayah itu. Bila para supir tidak memberinya uang, mereka mengancam akan memukuli supir.

“Jadi mereka ini meminta uang kepada supir yang ngetem di sana. Kalau tidak diberi, maka para supir itu diancam tidak boleh ngetem di wilayah itu,” ujar Malvino di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/8).

Kelompok ini telah melakukan aksinya sejak tahun 2015 silam, dan mereka mematok tarif Rp25.000 untuk setiap angkutan umum yang ngetem. Kasus ini dapat diungkap karena video pemerasan tersebut direkam dan menjadi viral di media sosial.

“Kasus ini masih akan kita kembangkan, nanti tunggu saja,” tuturnya.

Dari keempat pelaku, sambung Malvino, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti uang tunai sebesar Rp388 ribu. Selain itu, polisi juga mengamankan empat KTP atas nama tersangka.

“Untuk para tersangka kami akan kenakan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman selama 9 tahun penjara,” tandasnya.