AS Dan Kanada Bakal Capai Kesepakatan Perdagangan Bebas

Foto AgWeb
Foto AgWeb

Ontario,Sayangi.com- Kanada dan Amerika telah membuat kemajuan dalam perdagangan. Kedua negara akan bisa mencapai kesepakatan paling lambat hari Jumat (31/8). Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau hari Rabu (29/8)menyatakan Kesepakan tersebut untuk merevisi Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara,

Sementara fase penting pembicaraan itu berlanjut di Washington  mencoba untuk mengatasi perbedaan kedua negara tersbut. Sedangkan Trudeau optimisme perjanjian terbaru diatas akan meningkatkan peluang NAFTA dan tetap merupakan pakta tiga negara. Namun Presiden AS Donald Trump hari Senin mengancam akan mengabaikan Kanada.

Telah diwartakan sebelumnya, Meksiko telah membuka jalan dengan menyetujui NAFTA versi kedua dengan Amerika hari Senin dua hari lalu. Terkait pertemuan AS dan Kanada, Chrystia Freeland Menteri Luar Negeri Kanada hari Selasa mengatakan “banyak yang telah dicapai” dalam dua pertemuannya dengan Menteri Perdagangan Amerika Robert Lighthizer.

“Amerika dan Kanada kini dalam periode negosiasi yang sangat intens,” ujarnya kepada wartawan.

Freeland menolak merinci masalah apa saja yang masih ada, dengan alasan ia dan Lighthizer setuju untuk tidak membahas rinciannya itu secara terbuka.