Pengamanan Closing Ceremony Asian Games, 9.422 Personel Gabungan Disiapkan

Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengadakan rapat persiapan penutupan (closing ceremony) Asian Games 2018. Rapat ini digelar di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Kamis (30/8). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengadakan rapat persiapan penutupan (closing ceremony) Asian Games 2018. Rapat ini digelar di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Kamis (30/8).

Selain persiapan closing ceremony, Kapolri dan Panglima TNI juga mengevaluasi pengamanan perhelatan Asian Games yang sudah berjalan. Tito mengakui, ada sejumlah kasus kecil seperti kehilangan ponsel namun dapat ditemukan.

“Jadi secara umum tidak ada gangguan di bidang keamanan yang signifikan dalam penyelenggaraan Asian Games,” ujar Kapolri.

Kendati demikian, kata Tito, pihaknya tidak akan lengah dalam mengamankan perhelatan olah raga terbesar se-Asia ini. Apalagi masih ada sejumlah pertandingan yang akan digelar dalam beberapa hari kedepan.

“Kita masih ada lebih kurang empat hari lagi, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Masih ada beberapa cabang, kami terus amankan,” terangnya.

Terkait pengamanan closing ceremony, kata Tito, akan disiapkan lebih dari sembilan ribu personel gabungan. Selain itu, sejumlah mobil pemadam dan ambulans juga akan disiapkan.

“Kita menyiapkan pasukan sebanyak 9.422 personel gabungan dari Polri, TNI dan Pemda. Kita juga siapkan pemadam kebakaran, ambulans, dan lain-lain, khususnya untuk quick respons bila terjadi apa-apa,” jelasnya.

Lebih jauh Tito menerangkan, ada perbedaan antara opening ceremony dan closing ceremony Asian Games. Pasalnya, saat di dalam Gelora Bung Karno (GBK) dilaksanakan closing ceremony, di luar GBK ada pasar festival.

“Kita dari Polri dan TNI dan seluruh teman-teman yang tergabung dalam pengamanan, kita tetap fokus yang utama tentu terorisme, kemudian kedua masalah kemacetan lalu lintas. Tadi sudah kita susun kantong parkirnya, kemudian sistem masuk keluarnya,” paparnya.

Selain Kapolri dan Panglima TNI, sejumlah pejabat Polri juga hadir dalam rapat persiapan closing ceremony ini. Mereka yang hadir diantaranya Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis.

Hadir pula Menpan RB Syafruddin dan Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir.