Fadli Zon Minta Massa Akar Rumput Tiru Keharmonisan Jokowi-Prabowo

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Keharmonisan yang diperlihatkan Presiden Joko Widodo dan calon rivalnya di Pilpres 2019 Prabowo Subianto yang berlangsung di arena Pencak Silat Asian Games kemarin, patut ditiru oleh massa akar rumput.

Begitu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/8).

Fadli menilai, dengan adanya momen tersebut, menunjukkan bahwa perpolitikan jelang Pemilihan Presiden 2019 tak selalu berlangsung panas.

“Menurut saya seharusnya begitu. Jadi selama ini kan yang kita lihat dalam banyak sisi, kita menginginkan suatu demokrasi yang damai. Kalau kita berdebat, tidak ada masalah. Tapi kita berdebat dengan kepala dingin, berdebat dengan substansi,” kata Fadli.

Kendati demikian, meski momen kemesraan antara dua tokoh nasional itu terjadi, Fadli mengungkapkan, demokrasi tak akan bisa lepas dari kritik.

Sebagai partai oposisi, kata Fadli, Gerindra akan tetap mengkritik kebijakan pemerintah yang dinilai belum berjalan maksimal.

“Kalau kita mengkritik itu bagian demokrasi, tidak ada demokrasi tanpa kritik. Saya kira negara di seluruh dunia yang (berasas) demokrasi itu selalu ada kritik, ada masukan, ada jawaban dari kritik itu. Itulah dialektikanya,” tegas dia.

Salah satu yang tak luput menjadi kritikannya adalah peristiwa penghadangan gerakan #2019GantiPresiden yang baru-baru ini terjadi di beberapa tempat.

Menurut dia, kegaduhan yang belakangan terjadi bukanlah karena adanya gerakan tersebut, melainkan sikap aparat keamanan yang berlebihan dalam mengamankan aksi yang diinisiasi oleh Neno Warisman itu.

“Kegaduhan ini karena ada sekelompok orang mau menyatakan pendapat dengan #2019GantiPresiden kemudian dihalang-halangi. Padahal kalau didiamkan saja tidak akan terjadi apa-apa, yang penting dijaga,” tandasnya.