Kakorlantas: Tidak Ada Perubahan Pengalihan Arus Signifikan Saat Closing Ceremony Asian Games

Irjen Pol Royke Lumowa

Jakarta, Sayangi.com – Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, tidak ada perubahan spesifik, terkait pengalihan arus lalu lintas saat upacara penutupan Asian Games 2018. Menurutnya, pengalihan arus sama dengan saat upacara pembukaan (opening ceremony) lalu.

“Mengenai teknis tidak jauh berbeda ya, sama seperti pembukaan pengalihan arusnya,” ujar Royke di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8).

Agar pengalihan arus berjalan lancar, kata Royke, sebanyak 1.800 personel akan disiapkan. Untuk sebelah timur GBK, tidak ada jalan yang ditutup kecuali yang menuju ke Jalan Sudirman.

“Hanya saja begitu masuk pintu 1 FX, kami tutup untuk kendaraan. Jalan yang akan dibuka Sudirman menuju Semanggi, Gatot Subroto ke arah Slipi dan Palmerah,” terangnya.

Dalam pengalihan arus ini, lanjut Royke, pihaknya akan membaginya menjadi beberapa ring. Sehingga diharapkan closing ceremony dapat berjalan lancar.

“Nanti di ring 3,2, 1 tidak ada kendaraan yang masuk. Lalu lintas dari Semanggi – Pancoran – Kuningan – Slipi – Palmerah dan Fatmawati akan diatur oleh personel kita,” tuturnya.

Mengenai masukan untuk tetap memberlakukan aturan ganjil genap pasca Asian Games, Royke belum dapat memastikannya. Menurutnya hal tersebut akan dibahas pasca berakhirnya Asian Games.

“Perpanjangan ganjil genap akan dibahas pasca Asian Games. Karena kami kan juga harus berkoordinasi dengan instansi terkait,” katanya.