Manila Infokan Warganya Agar Bersiap Hadapi Tindakan Keras Malaysia

Para Pekerja Filipina . Foto IOM
Para Pekerja Filipina . Foto IOM

Manila,Sayangi.com- Menurut perkiraan sekitar 400 ribu warga Filipina tinggal di Malaysia secara ilegal.Pemerintah Filipina telah meminta warganya yang tinggal Malaysia agar bersiap menghadapi kemungkinan penindakan keras terhadap pendatang gelap di Malaysia.

Dilansir dari VOA news, Jumat (31/8) Departemen Luar Negeri Filipina menyatakan program amnesti Malaysia bagi para imigran ilegal yang dimulai pada tahun 2016 berakhir Kamis kemarin.

Untuk itu Manila menghimbau Warga Filipina yang menetap namun tidak memiliki izin keimigrasian Malaysia, diminta bersiap-siap menghadapi penindakan keras sedini hari Jumat (31/8).

Deplu Filipina menyatakan Kedutaan Besar Filipina di Malaysia telah membantu 5.844 warga Filipina yang tidak memiliki dokumen imigrasi untuk kembali Ke Filipina. Amnesti pekerja Ilegal mulai diluncurkan Malaysia pada Januari 2016.

Dari sekitar 400 ribu warga Filipina yang tinggal di Malaysia,jumlah pekerja ilegalnya tidak mencapai 1 persen. Namun begitu Filipina adalah pengirim tenaga kerja utama dan telah menghadapi banyak krisis soal penanganan pekerja migran.