AS Larang Warganya Kunjungi Korea Utara

Foto VOA News
Foto VOA News

Washington,Sayangi.com- Amerika Serikat (AS) melarang kunjungan ke Korea Utara mulai 1 September bagi warga negara AS. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Kamis (30/8/2018), mengatakan memutuskan memperpanjang satu tahun pelarangan warga negara AS berkunjung ke Korea Utara.

Korea Utara menjadi satu-satunya negara yang dilarang dikunjungi warga negara AS. Jurnalis dan pekerja kemanusiaan kemungkinan bisa mendapatkan pengecualian.

Keputusan itu diambil dengan alasan bahwa masih ada kekhawatiran mengenai ancaman penangkapan serta penahanan dalam jangka waktu lama terhadap warga negara AS di sana.

AS dan Korut menjalin hubungan untuk menurunkan ketegangan di antara mereka dan Presiden AS bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Juni di Singapura.

Sejak pertemuan Singapura, ketegangan hubungan di antara kedua negara tersebut menurun. Namun rencana kunjungan menteri luar negeri AS ke Korea Utara dibatalkan pada pekan lalu. Pembatalan tersebut lantaran presiden AS Trump mengatakan belum terlalu ada kemajuan untuk menuju penghapusan senjata nuklir.

Lembaran Negara AS yang disiarkan Jumat (31/8) Pelarangan warga AS berkunjung, yang mulai diberlakukan pada 1 September 2017, seharusnya berakhir pada hari ini Jumat 31 Agustus 2018.

Melalui Lembaran Negara yang disiarkan pada Jumat WIB, pelarangan tersebut diatas diperpanjang hingga 31 Agustus 2019.

sumber: reuters