Anggota Parlemen Belanda Batalkan Lomba Kartun Nabi Muhammad

Geert-Wilders anggota parlemen Belanda pencetus lomba kartun Nabi Muhammad.Foto The Independen
Geert-Wilders anggota parlemen Belanda pencetus lomba kartun Nabi Muhammad.Foto The Independen

Deen Haag,Sayangi.com- Anggota parlemen anti Islam Belanda, membatalkan lomba kontes kartun Nabi Muhammmad SAW. Inisiator kontes Geert Wilders, mengatakan Lomba itu dibatalkan menyusul ancaman pembunuhan dan kekhawatiran dapat menimbulkan risiko bagi orang lain.

Lewat sebuah pernyataan Wilders menjelaskan “Untuk menghindari risiko korban kekerasan dari umat Islam, saya telah memutuskan untuk tidak membiarkan kontes kartun Nabi Muhammad diselenggarakan.

Dikutip dari The Washington Post, Jumat (31/8/2018) Wilders yang anti Islam itu menyebutkan dia tidak ingin orang lain terancam oleh kontes yang dia rencanakan digelar pada bulan November.

Rencananya kontes tersebut akan diadakan di kantor Partai Kebebasan. Hingga kini gedung parlemen Belanda dan kantor Partai Kebebasamn dijaga ketat.

Politisi Belanda Wilders 54 tahun itu bertahun-tahun telah hidup di bawah perlindungan sepanjang waktu. Hal tersebut  lantaran ancaman pembunuhan yang dipicu oleh retorika dirinya atas anti-Islamnya yang sengit.

Sebelumnya pada tahun 2008 Wilders sempat memicu kemarahan umat Islam seluruh dunia. Kemarahan tersebut bermula setelah  ia merilis film Fitna. Film berdurasi 17 menit itu memuat potongan ayat-ayat al-Quran di latar belakang gambar pidato ulama radikal Islam dan juga gambar-gambar tindak kekerasan.

Seperti telah diwartakan rencana lomba kartu Nabi Muhammad ini sempat memicu aksi demonstrasi besar-besaran di Pakistan. Massa mengancam akan memblokade Islamabad jika pemerintah tak memutuskan hubungan diplomatik dengan Belanda.

sumber: aljazeera.com