Trump Ancam Bakal Cabut Amerika Serikat Dari WTO

Donald Trump
Donald Trump

Washington,Sayangi.com- Presiden AS Donald Trump pernah menyebut WTO sebagai bencana dan telah melanggar norma perdagangan internasional. Hal tersebut lantaran WTO menetapkan bea tinggi untuk sekutu utama, dan menetapkan biaya besar untuk barang-barang Tiongkok atas nama keamanan nasional AS.

Dikutip dari Guardian, Jumat 31 Agustus 2018, Trump mengancam akan menarik AS keluar dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) karena merasa organisasi ini tak memperlakukan AS dengan baik.

“Jika mereka tidak membenahi diri, saya akan menarik AS keluar dari WTO,”ujarTrump.

Andai hal itu benar terjadi, maka langkah tersebut disinyalir akan merusak salah satu fondasi sistem perdagangan global di mana AS sangat berperan dalam pembentukannya.

Trump menambahkan Saya tidak tahu mengapa AS ada di dalamnya. WTO dirancang oleh seluruh dunia untuk mengacaukan AS.

Sementara itu, Menteri Keuangan Steven Mnuchin menepis ancaman TRump tersebut dan menyebutnya berlebihan. Senada dengan Mnuchin, Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross beranggapan, pernyataan Trump tersebut terlihat terburu-buru.

Ancaman serupa pernah dilontarkan Trump saat pencalonan dirinya sebagai presiden AS tahun 2016.Saat kampaye menuju Amerika 1,Trump menyarankan agar AS keluar dari WTO jika aturan yang ada menghentikan negosiasi ulang AS dari segi perdagangan.

Namun, Kepala Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) Roberto Azevedo pada saat itu yakin bahwa Trump tidak akan menarik diri dari WTO.

Hingga berita ini diturunkan,Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menaungi organisasi perdagangan belum berkomentar sehubungan ancaman Presiden AS Donald Trump.