Seoul Akan Kirim Utusan Khusus ke Pyongyang Pekan Depan

Foto Sputnik
Foto Sputnik

Seoul,Sayangi.com- Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, akan mengirim utusan khusus ke Pyongyang Rabu pekan depan. Utusan Korsel ini akan membahas rencana untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un terkait perlucutan senjata nuklir.

Kantor berita Yonhap mengutip seorang juru bicara kepresiden Korsel melaporkan utusan yang tidak disebutkan namanya akan mengunjungi Ibu Kota Korea Utara pada 5 September.

Dilansir dari AFP Sabtu, (1/9) Juru bicara kepresidenan Korsel Kim Eui-kyeom, mengatakan Seoul mengusulkan kunjungan utusan tersebut pada Jumat pagi kemarin. Tak lama Pyongyang menerimanya dalam beberapa jam kemudian. Diapun menambahkan bahwa mereka belum tahu siapa utusan itu.

“Utusan itu akan berdiskusi luas mengenai jadwal rinci untuk KTT antar-Korea, pengembangan hubungan bilateral dan perlucutan senjata nuklir di semenanjung Korea,” ungkap Kim pada Sabtu (1/9/2018).

Sejauh ini kedua presiden Korea ini telah bertatap muka dua kali. Pertemuan pertama merupakan pertemuan bersejarah yang digelar di desa gencatan senjata perbatasan Panmunjom pada bulan April lalu. Pertemuan tersebut merupakan sejarah pertama kalinya seorang pemimpin Korut menyeberang ke wilayah Korsel.

Mereka bertemu untuk kedua kalinya di desa gencatan senjata karena mereka berusaha untuk menyelamatkan pertemuan puncak antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump di Singapura yang akhirnya berlanjut.

Kedua pemimpin Korea ini telah sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak ketiga di Pyongyang pada tanggal yang tidak ditentukan pada bulan September.