Acara Pemakaman Aretha Franklin Dihadiri Para Tokoh Amerika Serikat

Penyanyi Aretha Franklin Foto WXXY
Penyanyi Aretha Franklin Foto WXXY

Detroit,Sayangi.com- Ribuan pelayat datang untuk memberi penghormatan terakhir kalinya kepada mendiang penyanyi legendaris dan tokoh besar di dunia musik Amerika Aretha Franklin. Franklin pernah tampil menyanyi pada saat acara pelantikan mantan presiden Barrack Obama tahun 2009.

Mantan presiden Bill Clinton, penyanyi Smokey Robinson dan aktris Cicely Tyson telah memberi kata sambutan dalam acara pemakaman Franklin. Tek ketinggalan Stevie Wonder, Chaka Khan, Jennifer Hudson, Faith Hill, Ariana Grande dan Fantasia termasuk Edward, putra Aretha Franklin serta sejumlah penyanyi telah manggung di acara pemakaman Aretha Franklin.

Dari kiri: Louis Farrakhan, Pendeta Al Sharpton, Pendeta Jesse Jackson dan Bill Clinton pada upacara pemakaman Aretha Franklin di Greater Grace Temple, Detroit (31/8) waktu setempat. Foto AP
Dari kiri: Louis Farrakhan, Pendeta Al Sharpton, Pendeta Jesse Jackson dan Bill Clinton pada upacara pemakaman Aretha Franklin di Greater Grace Temple, Detroit (31/8) waktu setempat. Foto AP

Acara yang digelar di gereja Greater Grace Temple itu berlangsung spektakuler. Acara tersebut menampilan pentas musik papan atas AS yang dijadwalkan berlangsung lebih dari lima jam.

Franklin, 76 tahun meninggal dunia karena kanker pankreas. Saat disemayamkan jenasah Franklin telah didandani dengan ganti baju sebanyak empat kali saat menerima penghormatan terakhir dari masyarakat selama beberapa hari ini.

Meskipun pekan ini banyak berlangsung konser untuk mengenang mendiang Franklin dipublikasikan secara luas, panitia mengatakan upacara pemakaman hari Jumat (31/8) ini adalah acara keagamaan, bukan hiburan.

Sebelum berlangsung acara kebaktian, pendeta di Greater Grace Temple, Uskup Charles Ellis III mengatakan kepada Associated Press mengatakan “Sasaran dan tujuan saya adalah memastikan orang-orang yang pergi dari sini mendapat semacam kebangkitan spiritual. Ini bukan konser, ini bukan pertunjukan, ini bukan produksi untuk mendapatkan penghargaan. Ini adalah kehidupan nyata yang telah dijalani Franklin.”

Mendiang Franklin akan dimakamkan di dalam sebuah peti jenazah tembaga berlapis emas 24 karat. Nama Franklin dan julukannya, Queen of Soul atau Ratu Musik Soul disulam di kain beludru berwarna sampanye yang melapis bagian dalam peti itu.

Peti jenazah Franklin dibawa ke gereja berlangsung acara penghormatannya dengan mobil berwarna putih yang juga membawa jenazah ayahnya, CL Franklin pada tahun 1991 dan Rosa Parks pemimpin gerakan hak-hak sipil yang meninggal pada tahun 2005. Seperti keduanya, Franklin juga telah dikebumikan di Pemakaman Woodlawn, Detroit.

sumber: nytimes.com dan VOA news