Polisi Berhasil Ungkap Kasus Prostitusi Dibawah Umur Melalui Facebook

Ilustrasi / Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkap kasus prostitusi online, yang melibatkan anak dibawah umur. Dalam kasus ini, polisi berhasil mengamankan satu pelaku berinsial LK alias Allam.

Kasat Reskrim Polres Tanjung Priok AKP Faruk mengatakan, awalnya polisi mengamankan seorang laki-laki yang diduga melakukan tindak prostitusi online. Mereka diringkus di kamar 209 Cordex Hotel, Jalan Lodan Raya Jakarta Utara, Sabtu (1/9) dini hari.

Awalnya, kata Faruk, pada Jumat (31/8) tim cyber patrol mendapat informasi bahwa pelaku menawarkan prostitusi online melalui grup Facebook, dengan nama akun Allam Kurniawan. Tim mencoba menjebak pelaku dengan berpura-pura ingin bertransaksi dengan pelaku.

“Selanjutnya tim menerima tawaran dan menentukan Hotel Cordex, Lodan Raya, Jakarta Utara. Tim setuju dengan harga yang sudah ditawarkan oleh pelaku LK alias Allam,” ujar Faruk dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/9).

Setelah harga disepakati sebesar Rp1,5 juta, kata Faruk, pelaku meminta Rp500 ribu sebagai uang muka. Akhirnya tim yang sudah sedari sore berada di sekitar Hotel Lodex, mengamankan pelaku yang juga membawa korban berinisial AAL alias BL (15).

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok guna proses lebih lanjut,” katanya.

Dari tangan pelaku, polisi turut menyita sejumlah barang bukti seperti bukti transfer, uang tunai Rp1 juta dan celana dalam korban. Pelaku akan dikenakan pasal berlapis, tentang perlindungan anak dan UU ITE.

“Pelaku dijerat Pasal 76F juncto pasal 83 UU No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, serta Pasal 45 juncto pasal 27 ayat 1 UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang ITE,” pungkasnya.