Surati Abbas Kim Jong un Dukung Palestina Merdeka

Restaurant Palestina memberikan discount bagi warga Korea Utara. Foto Newsweek
Restaurant Palestina memberikan discount bagi warga Korea Utara. Foto Newsweek

Ramallah,Sayangi.com– Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim surat kepada Presiden Otoritas Palestina (PA), Mahmoud Abbas. Lewat suratnya, pemimpin negara Korea Utara ini menyatakan dukungannya untuk Palestina sebagai negara merdeka.

Surat dukungan untuk Palestina disampaikan lewat Duta Besar Korea Utara di Kairo, Du Hui. Surat tersebut disampaikan saat pertemuan antara duta besar Palestina untuk Mesir.

Dikutip dari The Jerusalem Post, Senin (3/9/2018)bunyi surat pemimpin muda Korea Utara ini Menyambut baik upaya Palestina untuk mencapai hak yang sah dan terutama hak mereka untuk mendirikan negara merdeka, dengan Yerusalem sebagai ibu kota mereka,tulis Kim

Surat itu dikirim Kim Jong-un sebagai balasan atas surat yang dikirim oleh Presiden Otoritas Palestina Abbas. Sebelumnya Abbas pernah menulis surat ucapan selamat kepada Kim Jong-un pada perayaan Hari Nasional Korea Utara.

Dalam surat itu, Presiden Abbas menuliskan bahwa orang Korea Utara “membuat pengorbanan terbesar demi kebebasan dan martabatnya”. Palestina  menyatakan penghargaan atas solidaritas Korea Utara dalam mendukung hak-hak rakyat Palestina dan perjuangannya untuk mengakhiri pendudukan dan mendirikan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem timur sebagai ibukotanya,” bunyi surat Abbas.

Abbas juga berharap Kim diberikan kesehatan dan kebahagiaan dan orang-orang Korea Utara diberikan stabilitas dan kemakmuran yang melimpah.

Walaupun sering bersikap nyeleneh dan dipandang sebagai diktator oleh masyarakat dunia, namun Kim Jong Un mendapat tempat positif di sebagian besar rakyat Palestina.

Sebuah restoran di Jalur Gaza pernah menawarkan potongan harga kepada warga Korea Utara (Korut) yang singgah makan di sana. Hal tersebut sebagai tanda terima kasih pemilik restorant tersebut kepada Kim Jong Un