HUT ke-70, Tri Suswati Karnavian: Polwan Punya Kedudukan Sama Tinggi dengan Polisi Laki-laki

Tri Suswati Karnavian saat perayaan HUT Polwan ke-70 di Monas, Jakarta, Senin (3/9).

Jakarta, Sayangi.com – Ibu asuh polisi wanita (Polwan) Tri Suswati Karnavian berharap polwan tidak hanya berada di lapis kedua korps Bhayangkara. Menurutnya, polwan memiliki potensi untuk berada satu level dengan polisi laki-laki.

“Pasti kita punya target polwan punya kedudukan sama tinggi, dan punya kesempatan yang sama. Mereka mampu meraih itu dan proaktif, dan investasi di segala bidang dan diakui di Polri,” ujar Tri saat perayaan HUT Polwan ke-70 di Monas, Jakarta, Senin (3/9).

Kendati tidak memiliki wewenang langsung dalam perkembangan polwan kedepannya, Tri berjanji akan terus memberi semangat. Sehingga secara tidak langsung polwan akan termotivasi dan dapat terus menorehkan prestasi.

“Saya adalah motivator polwan, untuk selalu kembangkan dirinya. Sehingga dengan segala prestasi yang ada, mereka punya kekuatan di institusi Polri,” katanya.

Bila dapat konsisten menunjukkan prestasinya, Tri berharap, masyarakat akan lebih mengakui polwan. Sehingga minat untuk jadi polwan semakin tinggi kedepannya.

“Supaya masyarakat juga dapat kesempatan yang lebih banyak untuk jadi anggota Polri, utamanya polwan,” terangnya.

Seperti diketahui, upacara peringatan HUT ke-70 Polwan ini merupakan gagasan dari Tri. Karena, sejak 70 tahun berdiri menjadi bagian dari Polri, baru kali ini Polwan mengadakan upacara dengan format gelar pasukan.

Selain Tri, acara HUT ke-70 Polwan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Mufhidah Jusuf Kalla, Menko PMK Puan Maharani, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menkes Nila Moeloek dan Menteri PPPA Yohana Yembise.

Acara diikuti oleh sekitar 2.000 pasukan perempuan, yang terdiri dari Polwan, Wanita TNI, Satpol PP Perempuan, dan dinas lainya. Acara juga dimeriahkan dengan ragam atraksi seperti atraksi motor besar, kolone senapan, dan marching band.