Kapolri Instruksikan Kabareskrim Teliti Kembali Berkas Kasus Pembunuhan Munir

Kabareskrim Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Terpidana kasus pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib, Pollycarpus Prijanto bebas. Hal ini menimbulkan pesimisme sejumlah pihak, kasus ini dapat terselesaikan secara terang benderang.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian telah menginstruksikan Kabareskrim Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto untuk kembali meneliti kasus tersebut. Apalagi kasus ini merupakan kasus yang sempat jadi perhatian nasional.

“Bapak Kapolri sudah perintahkan Kabareskrim baru untuk meneliti kasus itu lagi,” ujar Setyo di Mabes Polri, Senin (3/9).

Saat ditanya apakah Polri telah menemukan bukti baru terkait pembunuhan Munir, Setyo belum dapat menjelaskannya. Pasalnya, berkas perkara pembunuhan baru dibuka kembali.

“Kita akan buka lagi berkas perkara itu lagi. Kita cek dulu berkasnya seperti apa nanti,” tuturnya.

Seperti diketahui, Munir dibunuh pada Selasa 7 September 2004 silam dalam perjalanan dari Jakarta menuju Asterdam, Belanda. Karena dalam tubuhnya ditemukan racun jenis arsenik yang melebihi ambang batas.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan Pollycarpus sebagai tersangka. Saat kejadian, Pollycarpus berada di kelas bisnis pesawat Garuda Indonesia GA-974 bersama dengan Munir.