Jago Merah Lahap Benda-benda Bersejarah di Museum Nasional Brazil

Musium Nasional Rio De Janerio Brazil ludes Terbakar. Foto Getty Image
Musium Nasional Rio De Janerio Brazil ludes Terbakar. Foto Getty Image

Rio de Janeiro,Sayangi.com- Kebakaran besar melanda museum tertua di Brazil di Rio de Janeiro. Berita kebakaran dilaporkan oleh juru bicara departemen pemadam kebakaran Brazil,pada Senin (3/9) dini hari waktu setempat. Roberto Robadey mengatakan dibutuhkan beberapa jam lagi untuk benar-benar memadamkan kobaran api di museum itu.

Museum Nasional yang terletak di Ibukota Brazil ini berusia 200 tahun. Dilansir dari VOA news Selasa (4/9) musium ini memiliki dan menyimpan 20 juta artefak.

Presiden Brazil Michel Temer mengatakan kerugian yang diderita “tak terhitung.” Lewat sebuah pernyataan Temer mengatakan Ini adalah hari yang tragis bagi Brazil,” “Dua ratus tahun kerja dan penelitian dan pengetahuan hilang begitu saja,imbuh Temer.

Senada dengan Temer,Menteri Kebudayaan Brazil Sergio Sa Leitao dalam cuitannya di Twitter menuliskan “Kehilangan ini tidak dapat diperbaiki,” Dia juga menuliskan “kebudayaan sedang berduka, negeri ini sedang berduka.”

Situs web museum itu mengatakan bahwa museum berisi lebih dari 20.000 benda yang berkaitan dengan sejarah Brazil dan negara-negara lain. Dimuseum ini juga menyimpan banyak benda bersejarah dari keluarga kerajaan Brazil.

Beberapa hari sebelum terjadi kebakaran ini para pejabat museum baru saja menyelesaikan pembicaraan mengenai pendanaan untuk pemasangan sistem pencegahan kebakaran.