Presiden Trump Ingatkan Bashar Tidak Serang Idlib

Presiden AS Donald Trump di lapangan golf miliknya di Bedminster, New Jersey.Foto aftabir
Presiden Donald AS Trump di lapangan golf miliknya di Bedminster, New Jersey.Foto aftabir

Washington,Sayangi.com- Presiden Bashar al-Assad diperingatkan presiden AS Donald Trump  untuk tidak melancarkan serangan ke Idlib. Bashar al-Assad tidak boleh menyerang provinsi Idlib,ucap Trump. Hingga kini, kawasan Idlib satu-satunya provinsi di Suriah yang masih dikuasai kelompok pemberontak.

Trump menyebut serangan Suriah di Idlib, yang bakal dibantu Rusia dan Iran, dapat memicu “tragedi kemanusiaan.” Rusia dan Iran akan membuat sebuah kesalahan besar jika ikut serta dalam serangan tersebut. Seperti dalam ciutan Trump yang  dikutip dari  AFP, Selasa 4 September 2018, bahwa serangan tersebut akan berpotensi menimbulkan tragedi kemanusiaan. Ratusan ribu orang dapat terbunuh. Jangan biarkan hal itu terjadi!”tulis Trump.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sejumlah grup relawan telah mengingatkan bahwa serangan masif di Idlib dapat memicu bencana kemanusiaan. Bencana tersebut tingkat bahayanya akan masuk pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya di Suriah.

Sekarang ini pasukan Suriah telah mengelilingi propinsi Idlib,yang dikuasai sejumlah grup pemberontak dan ekstremis. Tidak sedikit dari grup tersebut dilabeli “kelompok teror” oleh komunitas internasional.

Rusia dan Iran berkukuh sejumlah grup ekstremis di Idlib harus dilumpuhkan. Kedua negara ini diyakini akan turut membantu Suriah jika serangan ke Idlib dilaksanakan.

Sejak awal 2017, Iran beserta Rusia dan Turki mensponsori sebuah negosiasi antara pemberontak dan pemerintahan  Bashar al-Assad di Kazakhstan. Ketiga negara ini berusaha untuk menekan tingkat kekerasan di Suriah.

Tahun lalu, Suriah dan ketiga negara tersebut sudah menetapkan Idlib sebagai zona “de-eskalasi”. Penetapan tersebut seiring upaya mempersiapkan gencatan senjata berskala nasional.