Mulai 1 September 2018 Uni Eropa Stop Penjualan Lampu Halogen

lustrasi Lampu Halogen. Foto wiseGeek
lustrasi Lampu Halogen. Foto wiseGeek

Brussel,Sayangi.com- Masa kejayaan bohlam halogen di Eropa bisa dipastikan segera berakhir. Hal tersebut seiring berlakunya larangan penjualan jenis lampu ini di wilayah Uni Eropa mulai September 2018.

Dikutip dari dw.com, Selasa (4/9) para pakar berpendapat kalau kebijakan tersebut akan membuat konsumen menghemat uang dalam jangka panjang. Selain itu pelarangang penggunaan lampu halogen akan menurunkan emisi karbon.

Keputusan Uni Eropa untuk melarang peredaran lampu yang boros energi satu dekade lalu sempat menimbulkan kegemparan. Pada waktu itu, konsumen berpendapat kalau bohlam baru yang hemat energi memancarkan cahaya yang dingin dan tidak alami.

Pelarangan ini dilaporkan sempat terjadi penimbunan lampu pijar oleh masyarakat. Sampai-sampai satu surat kabar Inggris menawarkan lima lampu gratis kepada setiap pembacanya, karena kekurangan stok lampu pijar akibat kepanikan. Kondisi ini mereka sebut “The Great Lightbulb Revolt.”

Sepertinya larangan penjualan lampu halogen yang mulai berlaku pada 1 September di 2018 tidak akan menimbulkan kepanikan warga Uni Eropa