Lawat India dan Pakistan Fokus Utama Pompeo Afganistan

Dari kiri ke kanan gambar: Menlu AS Mike Pompeo, PM India Narendra Modi, dan Menhan AS Jim Mattis dalam pertemuan di New Delhi, India, Kamis (6/9/2018). Foto Getty Image
Dari kiri ke kanan gambar: Menlu AS Mike Pompeo, PM India Narendra Modi, dan Menhan AS Jim Mattis dalam pertemuan di New Delhi, India, Kamis (6/9/2018). Foto Getty Image

Washington,Sayangi.com- Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tidak menuliskan Afganistan dalam lawatannya ke luar negeri akhir-akhir ini. Meskipun begitu upaya menstabilkan negara tersebut yang tengah dilanda perang itu menjadi salah satu agenda terpentingnya dalam kunjungannya ke Pakistan dan India.

Dilansir dari VOA News Jumat, (7/9) saat melawat India Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendapat sambutan hangat di India. Seelumnya ia mengadakan kunjungan singkat ke Pakistan. Saat ini Washington dan Islamabad mengalami titik rendah hubungan bilateral kedua negara ini.

Gesekan itu lantaran Trump menuduh Pakistan secara terselubung mendukung pemberontakan Taliban di Afghanistan. Menghidupkan kembali proses perdamaian di Afghanistan tampaknya menjadi fokus utama dari perjalanan baik untuk Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Meskipun beberapa upaya AS gagal untuk mengakhiri perang di Afghanistan, beberapa ahli percaya ada kesempatan nyata sekarang untuk memulai proses perdamaian. Robin Raphel dari Pusat Studi Strategis dan Internasional mengatakan kepada VOA bahwa rakyat Afghanistan lelah dan tidak sabar dengan kondisi perang dan keberadaan Taliban.

Pompeo mengatakan kepada awak media bahwa dia telah merekrut mantan duta besar AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, untuk meningkatkan upaya rekonsiliasi.

Baik Pompeo dan Mattis diharapkan mendorong India untuk mampu memberikan bantuan ekonomi dan pembangunan yang lebih besar ke Afghanistan. Bantuan yang digelontorkan untuk mempromosikan perdamaian di wilayah Afganistan.