Presiden Mexico Terbaru Lopez Obrador Bakal Lanjutkan Lelang Kontrak Minyak

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador . Foto SFGate
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador . Foto SFGate

New Meksiko,Sayangi.com-  Presiden Meksiko yang baru terpilih Andres Manuel Lopez Obrador menyebutkan dia akan melanjutkan lelang kontrak minyak. Menutut Obrador lelang tersebut guna merombak reformasi energi 2014 yang bersejarah di negara ini.

Dikutip dari Bloomberg Jumat (7/9) kepada wartawan ia mengatakan Kami sedang mempersiapkan rencana penyelamatan untuk industri minyak yang akan termasuk memproduksi lebih banyak minyak mentah segera. Kami akan membutuhkan perusahaan-perusahaan yang memiliki pengalaman, sebagian besar dari mereka adalah perusahaan nasional,” ungkap Obrador.

Iapun melanjutkan “Kami sudah menyiapkan tender untuk pengeboran sumur, dan kami bersiap-siap karena kami akan meluncurkan tender tersebut pada awal bulan Desember.

Lopez Obrador mengatakan dia akan pergi ke negara bagian asalnya, Tabasco, Sabtu (8/9/2018) untuk bertemu dengan perwakilan dari perusahaan minyak.Juru bicara Lopez Obrador mengatakan pertemuan yang akan digelar juga dakan dihadiri calon menteri energi Rocio Nahle, serta kepala eksekutif Pemex,Octavio Romero.

Terkait pelelangan tersebut , Obrador tidak memberikan tanggal penawaran. Hal tersebut menyebabkan ketidak jelasan apakah lelang akan segera diadakan pada bulan Desember atau apakah proses pelelangan akan dimulai kembali nanti.

Komisi Hidrokarbon Nasional Meksiko, melaporkan  pelelangan akan dilakukan untuk lebih dari 40 blok minyak pada 14 Februari tahun depan.

Presiden Meksiko sebelumnya mengindikasikan bahwa lelang minyak di masa depan, yang telah memikat beberapa perusahaan minyak terbesar dunia, dapat ditangguhkan atau dibatalkan. Hal ini karena pemerintahan sebelum Obrador berusaha memperkuat perusahaan minyak negara, Pemex. Presiden sebelum Obrador  fokus pada perluasan kapasitas pengilangan.

Komisi Hidrokarbon Nasional Meksiko juga menambahkan bahwa lebih dari 100 kontrak minyak yang sudah diberikan kepada perusahaan seperti Royal Dutch Shell Plc, Exxon Mobil Corp dan BP Plc sedang ditinjau.

Produksi minyak mentah Pemex telah menurun setiap tahun sejak 2004. Presiden baru terpilih Lopez Obrador berjanji untuk kembali meningkatkan produksi tersebut dengan tambahan 75 miliar peso (US$3,9 miliar). Dana tambahan tersebut untuk kegiatan eksplorasi dan investasi produksi.