Kapolri Pimpin Sertijab Tiga Kapolda Baru dan Kenaikan Pangkat 23 Pati Polri

Upacara serah terima jabatan tiga Kapolda di gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat (7/9).

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian memimpin langsung upacara serah terima jabatan tiga Kapolda. Upacara sertijab tersebut dilangsungkan di gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat (7/9).

Dalam upacara sertijab tersebut, Irjen Pol Yazid Fanani resmi menjabat Kapolda Kalimantan Selatan. Ia menggantikan Irjen Pol Rachmat Mulyana yang saat ini menjabat sebagai staf ahli Kapolri.

Sementara, Irjen Pol Luki Hermawan sah menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Luki menggantikan Irjen Pol Machfud Arifin, yang diangkat sebagai analis kebijakan utama bidang sabhara Baharkam Polri.

Mantan Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa saat ini resmi menjabat sebagai Kapolda Maluku. Sebelumnya jabatan ini dipegang Irjen Pol Andap Budhi Revianto, yang sekarang ditugaskan sebagai Kapolda Kepri.

Selain itu, yang melakukan serah terima jabatan adalah Irjen Pol Eko Indra Heri yang menjabat sebagai Asisten SDM Polri dan Irjen Pol Refdi Andri sebagai Kakorlantas Polri.

Selanjutnya, Kapolri membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti perwira yang melakukan serah terima jabatan. Tito juga mengucapkan selamat kepada sejumlah Pati Polri yang menempati posisi baru

“Saya ucapkan selamat kepada rekan rekan yang dapat kenaikan ini berkat kerja keras kalian semua, sekaligus tentunya anugrah Tuhan Yang Maha Esa. Saya harapkan dengan kenaikan pangkat ini dapat mengacu motivasi rekan yang lainnya,” kata Tito.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan nota integritas kepada kelima pejabat polri yang baru dilantik.

Upacara serah terima jabatan tiga Kapolda di gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat (7/9). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo).

Dalam kegiatan ini Kapolri didampingi oleh Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, beserta PJU Mabes Polri dan Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian beserta pengurus Bhayangkari.

Sebelumnya, Mabes Polri telah merotasi sejumlah perwira tinggi dan menengah. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 tertanggal 13 Agustus 2018 yang ditandatangani Karobinkar Brigjen Eko Indra Heri.

Pada acara tersebut, juga dilakukan upacara kenaikan pangkat terhadap 23 orang perwira tinggi (pati) di lingkungan Polri.

Pada kesempatan itu juga, Kapolri memberikan penghargaan terhadap anggoga Polri yang berprestasi dalam Asian Games 2018, para anggota tersebut diberikan penghargaan berupa Pin Emas dan kenaikan pangkat satu tingkat yang lebih tinggi karena telah mengharumkan nama bangsa dan negara serta Polri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dan Pejabat Kompolnas.