Gadis Berhijab Ukir Sejarah Lolos Final Miss Enggland

Muslim BerhijabSara Iftekhar lolos Final Miss Enggland. Foto The Sun
Muslim BerhijabSara Iftekhar lolos Final Miss Enggland. Foto The Sun

London,Sayangi.com- Seorang mahasiswi Muslim menjadi kontestan yang mencetak sejarah pertama yang mengenakan hijab dan lolos ke final kontes kecantikan Inggris. Mahasiswi muslim Sara Iftekhar,ia tercatat di fakultas hukum dari Huddersfield, dinyatkan lolos mengikuti ajang Miss England.

Di ajang ini Iftekhar akan menghadapi 49 kandidat lainnya. Malam Final telah digelar di Kelham Hall di Newark, Nottinghamshire. Lewat akun  Instagramnya, perempuan berusia 20 tahun itu kerap mengunggah foto-foto dirinya mengenakan pakaian tradisional Pakistan,

Setelah memenangkan Miss Huddersfield 2018, Iftekhar mengatakan ‘luar biasa senang’ bisa melangkah ke final. Namun diputaran akhir ia disingkirkan oleh Alisha Cowie yang dinobatkan sebagai Miss England 2018.“Saya tidak menyangka bisa membuat sejarah. Saya merasa bangga,ungkap Iftekar.

Iapun mengatakan pada akhirnya, saya mungkin adalah perempuan pertama yang mengenakan hijab (di final Miss Inggris). Namun, saya hanya seorang gadis biasa dan kita semua memiliki kesempatan yang sama dalam kontes ini.”

Selain bekerja sebagai seorang penata rias, tambahnya,Iftekhar memutuskan untuk ambil bagian di ajang Miss England untuk “sedikit bersenang-senang”.

“Jika saya ingin mengenakan pakaian tertutup dan sederhana mengapa harus menjadi masalah? Saya sama seperti kontestan lainnya. Jika saya berhasil mengirimkan pesan itu, maka hal itu akan memotivasi orang lain untuk berpartisipasi dalam kontes kecantikan.”Setiap orang memiliki kecantikan,imbuh Iftekhar.

Dalam laman penggalangan dana Beauty with a Purpose yang ia buat untuk badan kesejahteraan anak-anak. Iftekhar menulis, “Saya berpartisipasi dalam Miss England 2018 untuk menunjukkan bahwa kecantikan tidak memiliki definisi. Setiap orang cantik dengan caranya sendiri, tanpa memandang berat badan, ras, warna atau bentuk mereka,ungkap Iftekhar.

sumber: thesun.co.uk