Kritik Trump Saat Pidato,Obama Diledek Trump

Foto BuzzFeed
Foto BuzzFeed

Washington,Sayangi.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikecam habis-habisan oleh pendahulunya,presiden Barack Obama. Kecaman terhadap Trump disampaikan Obama dalam sebuah pidato di Universitas Illinois.

Tak terima dengan ucapan Obama, Trump membalas dengan menyebut pidato Obama membuatnya tertidur. Kecaman Obama terhadap Trump terkait pemerintahan Amerika Serikat saat ini yang merusak kepercayaan rakyat.

Dikutip The Hill, Sabtu (8/9/2018), dalam pidatonya selama dua jam pada hari Jumat (7/9), Obama menyebutkan Trump telah mempolitisasi Departemen Kehakiman. Bagi Obama, Trump telah mengurai jaring pengaman sosial dan mengacaukan anggaran dengan pemotongan pajak.

Kebijakan penerusnya itu akan menyebabkan lebih banyak ketidaksetaraan. Obama mengingatkan para audiencenya  tentang tanggapan Trump selama demonstrasi Charlottesville 2017. Demo Charlottesville 2017 merupakan  reaksi publik terhadap kelompok neo-Nazi yang tidak dikecam Trump.

Seberapa sulitkah itu?, Guna mengatakan bahwa Nazi itu buruk?,” ujar Obama. Lewat pidatonya Obama juga mengkritik prestasi Trump yang mengklaim telah memberikan pertumbuhan lapangan pekerjaan.

“Mari kita ingat kapan pemulihan ini dimulai?.”Saya harus mengingatkan mereka bahwa jumlah pekerjaan itu sama dengan tahun 2015 dan 2016.” ujar Obama.

Tak hanya diam, Selang beberapa jam pidato Obama, Trump membalas dan menanggapinya. Mantan pengusaha properti ini menyebut kata-kata Obama tidak memiliki kredibilitas. Menurutnya, Obama selama memerintah gagal memberikan pertumbuhan pekerjaan.

Suami Melania itupun mengatakan, pidato Obama membosankan. “Maafkan saya, Saya menontonnya, tetapi saya tertidur. Saya melihatnya sangat bagus, sangat baik untuk tidur,” ledek Trump.