Ketum Reliji, Bursah Zarnubi Sambut Baik Derap Gotong Royong Relawan Jokowi

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum Relawan Indonesia Jokowi (Reliji) Bursah Zarnubi menyambut baik “Derap Gotong Royong” yang diadakan anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bersama relawan Joko Widodo. Menurut Bursah, derap gotong-royong tersebut dapat menguatkan jalinan silaturahim antar sesama pendukung Jokowi.

“Reliji menyambut baik acara ini. Acara ini di samping membangun silaturahim antar relawan, juga dalam rangka memperkuat barisan relawan untuk Jokowi, memperkenalkan Jokowi kepada masyarakat melalui kegiatan gotong royong,” kata Bursah di sela-sela acara “Derap Gotong Royong” sekaligus peresmian Rumah Aspirasi di Jalan Proklamasi No. 46, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9).

Sebagai relawan Jokowi, Reliji dalam acara ini mengirim lebih dari 1000 massa. Massa pendukung Jokowi yang tergabung dalam Reliji rata-rata terdiri dari kalangan mahasiswa dan pemuda.

“Relawan Reliji menghadirkan 1000 lebih relawan untuk bersiap gotong-royong. Mereka semua kaum milenial,” jelas aktivis senior ini.

Selain Bursah Zarnubi, acara ini juga dihadiri sejumlah tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Di antaranya Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, Wakil Ketua TKN yang juga Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus, Sekjen PPP Arsul Sani, Hanura Herry L Siregar, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Anggota Dewan Syuro PKB KH Maman Imanulhaq, Rully Chairul Azwar (Golkar), Ketua PKP Indonesia Diaz Hendropriyono, Ketua Umum DPN Sekretariat Nasional Joko Widodo (Seknas Jokowi) Muhammad Yamin, dan ratusan elemen relawan lain.

Diketahui, Reliji sendiri adalah sebuah perkumpulan yang bersifat mandiri dan sukarela yang didirikan pada 2 Mei 2018. Pembentukan organisasi ini diinisiasi oleh sejumlah aktivis yang sebagian besar pernah menjadi pimpinan atau aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda (OKP) “Kelompok Cipayung Plus” dan Badan Eksekutif Mahasiswa.

Di tingkat pusat, Reliji berkedudukan di Jalan Pertani IV No 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan dan telah memiliki kepengurusan di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Reliji memutuskan mendukung Presiden Joko Widodo antara lain atas dasar kesamaan nilai-nilai yang tertuang dalam Nawa Cita sebagai haluan kebijakan pembangunan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, dengan nilai-nilai yang menjadi concern pergerakan kelompok Cipayung plus yang tertuang dalam dokumen “Indonesia yang dicita-citakan”.

Inti dari “Indonesia yang dicita-citakan” sebagai dokumen sakral kelompok Cipayung yang dicetuskan pada tahun 1972 adalah Indonesia yang digambarkan dalam pembukaan UUD 1945, yaitu “masyarakat adil dan makmur, spritual dan material, berdasarkan Pancasila; bahwa Indonesia yang kita cita-citakan adalah Indonesia yang kuat, bersatu, cerdas dan modern, demokratis dan adil, menjunjung tinggi martabat manusia dan wibawa hukum, sehat dan makmur, bebas dari ketakutan dan penindasan dan berperan dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia.

“Itulah Indonesia yang layak bagi tempat dan kehidupan manusia selaku makhluk Tuhan.”