Polri Imbau Alim Ulama Beri Kedamaian dan Kesejukan Dalam Tiap Ceramahnya

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polri mengimbau seluruh tokoh agama dan pemuka masyarakat agar dapat memberikan ceramah yang menyejukkan masyarakat. Sehingga dapat membuat keadaan masyarakat lebih damai.

“Jadi imbauan saya itu, jadi untuk alim ulama dan tokoh agama mari membawa umat ke arah kedamaian, kesejukan. ni umum saya tidak menyebut satu persatu,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Senin (10/9).

Mengenai pemeriksaan Ustad Abdul Somad (UAS) oleh Ditreskrimsus Polda Riau, Setyo mengatakan, polisi hanya menggali informasi dari yang bersangkutan. Karena menurut informasi yang beredar, Somad mendapat intimidasi.

“Beliau kan katanya diintimidasi, Kapolri sendiri juga sudah menyatakan bahwa kalau beliau ada intimidasi agar melapor ke polisi. Kita akan melayani beliau dan melindungi beliau,” katanya.

Sampai saat ini, sambung Setyo, belum ada laporan yang dilayangkan UAS kepada pihak kepolisian. Oleh karena itu, pihak kepolisian belum mendalami dugaan tindakan intimidasi yang dialami Somad.

“Sampai saat ini saya belum dapatkan informasi, hanya dari Riau saja katanya minta informasi ke Ustad Abdul Somad,” tuturnya.

Lebih jauh Setyo menegaskan, Polri tidak akan membuat satuan tugas (Satgas) untuk memantau ceramah. Apalagi saat ini Polri telah memiliki Satgas Nusantara, yang bekerjasama dengan para alim ulama dan tokoh adat.

“Kami adanya Satgas Nusantara yang bekerjasama dengan semua alim ulama, tokoh adat dan tokoh lainnya untuk jadi penyejuk. Karena itu saya sampaikan tokoh agama, masyarakat itu penting sekali peranannya untuk menyejukkan situasi panas nanti. Kasihan nanti masyarakat kalau panas terus,” katanya.