Fadli Zon Bingung Demokrat Beri Dispensasi DPD yang Dukung Jokowi-Ma’ruf

Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Sikap Partai Demokrat yang dinilai tidak solid dalam mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 mendatang dipertanyakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon.

Terlebih, jika tiba-tiba ada beberapa DPD Demokrat yang membelot mendukung Jokowi-Ma’Ruf Amin dan diberikan dispensasi, tentu hal itu cukup membingungkan. Fadli meminta agar partai Demokrat segera menyelesaikan perbedaan sikap tersebut.

“Membingungkan kalau ada keputusan dari DPP-nya, ada yang boleh melakukan, ada yang tak boleh melakukan. Saya kira itu logika umum parpol,” ucap Fadli di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Wakil Ketua DPR RI itu, keputusan DPP Demokrat seharusnya bersifat mengikat bagi seluruh struktur hingga yang paling rendah. Namun, mengingat adanya dispensasi bagi DPD tertentu itu perlu diselesaikan.

“Mestinya begitu. Logikanya kalau ada sikap yang diambil oleh Dewan Pengurus Pusat, itu bersikap mengikat,” ucapnya.

Namun begitu, Fadli meyakini Demokrat tetap solid mendukung Paslon Prabowo-Sandi di Pilpres.

“Saya yakin pasti ada jalan keluar dan penyelesaiannya. Itu urusan internal Demokrat,” kata Fadli.

Sebelumnya, Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut, partainya memberikan dispensasi khusus bagi beberapa DPD Demokrat yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres mendatang.

Alasannya, wilayah-wilayah tersebut merupakan basis pendukung Jokowi-Ma’ruf dan bukan basis pendukung Prabowo-Sandi. Adapun wilayah yang kemungkinan menerima dispensasi adalah Papua dan Sulawesi Utara.