Kapolda Sumut Rayakan Tahun Baru Hijriah Bersama Penggali Kubur dan Bilal Mayit

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bersama para ribuan penggali kubur, bilal mayit dan nazir mesjid di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (11/9/2018).

Medan, Sayangi.com – Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H bersama para ribuan penggali kubur, bilal mayit dan nazir mesjid di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (11/9/2018).

Perayaan tahun baru hijriah ini dilakuan sekaligus sebagai syukuran atas jabatan baru yang dipercayakan Kapolri kepada Agus Andrianto sebagai Kapolda Sumut.

“Profesi yang selama ini, mungkin yang tidak menjadi perhatian kita sekalian. Profesi penggali kubur, bilal mayit dan nazir mesjid ini adalah profesi yang sangat mulia. Beliau-beliau ini sangat memberikan pelayanan yang sangat tulus, bahkan orang yang dilayani pun tidak sempat mengucap terimakasih atas jasa mereka,” kata Agus.

Penggali kubur, menurut Kapolda, merupakan cermin dari pribadi yang ikhlas dalam membantu sesama.

“Penggali kubur tidak pernah tanya apa latar belakang orang yang mau dikubur, apa agamanya, aliran dan lain sebagainya. Demikian pula para nazir masjid saat menshalatkan jenazah. Karena itu Bapak-Ibu saya sebut sebagai pengamban pelayanan yang paripurna,” kata Kapolda.

Hal inilah, kata Kapolda, yang harus bisa diikuti oleh pihaknya dalam mengemban tugas.

“Mudah-mudahan ini menjadi hikmah yang bisa diambil oleh jajaran Polda Sumut dalam mengemban tugas. Mudah-mudahan bisa menjadi pelayan masyarakat, mereka (polisi) bisa bercermin dari apa yang bisa dikerjakan oleh saudara-saudara kita bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid,” katanya.

“Semoga apa yang kami lakukan hari ini mejadi simbol bagi anggota di lapangan, para kapolres untu meneruskan kegiatan ini supaya tidak hanya sekali ini, mudah-mudahan para Kapolres bisa menindaklanjuti,” kata Agus


Selain itu, kata Agus, para bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid dapat menjadi promotor untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di Sumatera Utara.

“Karena tanpa peran serta masyarakat, ini sangat mustahil bisa terwujud. Oleh karena itu, kita imbau mari sama-sama kita jaga hubungan kita sesama manusia, agama dan bermasyarakat,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Agus tak lupa mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk menjaga persatuan dengan mengelola setiap perbedaan yang ada di masyarakat.

“Jaga persatuan dan kesatuan warga Sumatera Utara, karena perbedaan adalah anugerah. Mudah-mudahan perbedaan yang ada bisa saling bersinergi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi warga Sumut khususnya, dan rakyat Indonesia pada umumnya,” demikian Irjen Pol Agus Andrianto.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda membagikan tumpeng kepada perwakilan warga yang sudah sepuh serta bingkisan sebagai kenang-kenangan kepada seluruh hadirin yang hadir dari berbagai penjuru desa di Sumatera Utara.