Emas Senilai Rp 158 Miliar Ditemukan di Australia Barat

Foto ABC
Foto ABC

Perth,Sayangi.com- Penemuan spesimen emas langka di sebuah tambang di pedalaman Australia Barat telah memicu antusiasme baru di kalangan industri maupun masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

Sebuah perusahaan pertambangan yang menguasai lahan yang berdekatan dengan tambang Beta Hunt, berhasil menemukan bongkahan batu emas berharga senilai $ 15 juta atau setara Rp 158 miliar.Bongkahan emas tersebut ditemukan di Kambalda, yang berlokasi sekitar 630 kilometer sebelah timur Perth.

Sejumlah orang bahkan menilai penemuan tersebut bisa memicu “demam emas mini” untuk kota yang belakangan ini sektor ekonomi sedikit terpuruk.

Penemuan ini membawa angin segar bagi kota Kambalda yang berpopulasi sekitar 2.539 orang. Warga di komunitas yang terbentuk sejak penemuan tambang nikel pertama Australia pada tahun 1966. Warga yang mendiami daerah ini menghadapi masa sulit di mana ratusan warganya kehilangan pekerjaan akibat penutupan 4 tambang utama dalam tiga tahun terakhir ini.

Agen real estate yang telah tinggal di Kambalda selama lebih dari 25 tahun, Cheryl Davis,mengatakan penemuan itu telah meningkatkan semangat di kota tersebut. Jelas itu merupakan dorongan besar bagi kota kami yang telah menghadapi banyak kehancuran dan kesuraman,” katanya.

“Semua orang bergembira dan membicarakan soal betapa baiknya kabar ini bagi kota kami, bahwa kota kami tidak akan mati. Kami menantikannya.”imbuh Davis.

sumber: abc.net.au