Ingkar Bayar Pajak Aktris Fan Bingbing, Diamankan Otoritas China

Aktris China Fan Bingbing. Foto theloop
Aktris China Fan Bingbing. Foto theloop

Beijing,Sayangi.com-Media pemerintah China melaporkan pada pekan lalu bahwa salah satu aktris tersohor di Negeri Tirai Bambu, Fan Bingbing, sedang berada di bawah kendali otoritas setempat.

Aktris kelahiran 16 September 1981 ini dikabarkan telah menghilang dari mata publik sejak bulan Juli lalu. Sebelum menghilang Fan Bingbing yang merupakan publik figur aktif di dunia maya dan keseharian.

Fan, pemeran tokoh Blink dalam film “X-Men: Days of Future Past” belum pernah menunjukkan dirinya di depan umum sejak 1 Juli. Diwartakan unggahan terakhir kali di media sosialnya tercatat pada 2 Juni 2018. Tunangan Bingbing, Li CHen yang juga merupakan aktor kawakan, juga tidak menunjukkan aktivitas apapun di sosial media sejak awal Juli.

Banyak yang berspekulasi bahwa Fan ditahan oleh pemerintah China atas tuduhan penggelapan pajak.

Kabar tentang menghilangnya Fan Bingbing dari khalayak ramai dikabarkan pertama kali oleh Cui Yongyuan, mantan pembawa acara TV milik pemerintah Tiongkok, Central Television.

Lewat pemberitaannya, Cui menurutkan bahwa Bingbing telah menandatangani kontrak rahasia dengan perusahaan hiburan di China agar terhindar dari pembayaran pajak. Kontrak ini kemudian disebut sebagai “Yin-Yang”.

Pekan lalu, sebuah artikel yang dimuat di Securities Daily, media yang dikelola pemerintah China menuliskan bahwa Bingbing sedang berada “di bawah kendali otoritas China”. Media tersebut juga menuliskan Fan Bingbing  akan menerima putusan hukum.

Menurut Taiwan News, dikutip dari Business Insider, Kamis (13/9/2018). aktris berambut panjang itu telah dipenjara. Sedangkan The Epoch Times, sebuah surat kabar Amerika Serikat yang berfokus pada China menyebutkan desas-desus yang beredar mengklaim Fan Bingbing sudah menjadi tahanan rumah sejak bulan Juli.