Bestari Barus Berharap Keinginan Jokowi Menyulap Kali Ciliwung Direspon Anies Baswedan

Ketua Frasksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus. (Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menyulap wajah kali Ciliwung seperti sungai di Seoul, Korea Selatan. Menanggapi hal tersebut, Ketua Frasksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari barus mengatakan, harapan Jokowi mengubah tampilan Kali Ciliwung pantas direalisasikan.

Menurut Bestari, Pemerintah DKI Jakarta dinilai mampu merealisasikan harapan itu karena anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) DKI nominalnya fantastis.

“Saya kira apa yang disampaikan pak Jokowi positif ya untuk diterapkan di DKI. Dan anggaran di DKI itu kan naudzubillah gedenya, sampai sekarang ini sampai ada Rp 6 triliun lebih masih menggantung dianggarkan itu. Makanya kami sampai desak semua SKPD supaya serap sisanya,” kata Bestari di gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (13/9).

Menurut Bestari, pernyataan Jokowi ini harus secepatnya ditanggapi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Bestari lantas mengingatkan agar Anies tak perlu melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Sebaiknya Anies mengundang pejabat Korea Selatan bertandang ke Jakarta untuk berdiskusi soal penanganan kali Ciliwung.

“Oleh karena itu, saya kira apa yang dibunyikan oleh pak Jokowi patut jadi perhatian pak Gubernur. Nah Gubernur sesekali kunjungan kerjanya enggak usah yang jauh. Tuh diundang aja menteri Korea itu untuk menanyakan konsep apa yang mereka pakai sungainya bisa bagus seperti itu ya toh,” ungkapnya.

Bestari menjelaskan, hingga saat ini penanganan kali di Jakarta masih belum maksimal, oleh karena itu penting bagi Gubernur Anies untuk menindaklanjuti usulan Presiden Jokowi ini.

“Mudah-mudahan gubernur juga bisa merespon ini dengan baik melihat kenyataan bahwa sungai kita ini masih memalukan itu terkadang gitu. khususnya kali item, dan sungai lain. sebenernya bagaimana sih konsep kali di luar sana ini kan masih pake pola lama saja, gitu aja asal jangan rubuh,” pungkasnya.