Pengacara Mantan PM Najib Diciduk KPK Malaysia

Muhammad Shafee Pengacara Najib Razak. Foto The Star
Muhammad Shafee Pengacara Najib Razak. Foto The Star

Kuala Lumpur,Sayangi.com– Komisi Pemberantasan Korupsi Malaysia atau MACC menangkap Muhammad Shafee pengacara dari bekas Perdana Menteri Najib Razak. Sahfee tersandung dengan empat dakwaan.

Dua dakwaan terkait pencucian uang dan dua dakwaan lainnya terkait membuat keterangan palsu.

Kasus ini bermula dari pemberian uang senilai sekitar RM9,5 juta atau sekitar Rp34 miliar dari Najib Razak kepada Shafee. Selain rasuah, pengacara Najib ini juga dituding memberikan keterangan palsu mengenai laporan pajak penghasilan.

Dilansir The Star pada Jumat, 14 September 2018. Shafee ditangkap Kamis, 13 September 2018 sekitar pukul enam pagi ia tengah di Bandara Abdul Aziz Shah di Selangor.

Setelah ditangkap Petugas MACC lalu membawanya ke Pengadilan Kuala Lumpur Sessions Court untuk langsung menjalani persidangan awal pada sekitar pukul sebelas siang waktu setempat.

Akan tetapi hakim Azura Alwi, mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Shafee. Penngguhana dilakukan dengan syarat membayar uang jaminan senilai RM1 juta atau sekitar Rp3,6 miliar.

“Hakim memerintahkan Shafee untuk menyerahkan dua paspor diplomatik dan non diplomatik yang dimilikinya. Saat memasuki pengadilan, Shafee terlihat mencoba tersenyum di tengah kawalan petugas Malaysian Anti-Corruption Commission.