Korea Utara Dan Selatan Gelar Pembicaraan Tingkat Militer

Presiden Korsel Moon Jae in dan Kim Jong Un Presiden Korea Utara.Foto National Post
Presiden Korsel Moon Jae in dan Kim Jong Un Presiden Korea Utara.Foto National Post

Seoul,Sayangi.com- Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) pada Kamis (13/9) memulai pembicaraan urusan militer. Kementrian Pertahanan Koresel menginformasilan Pembicaraan duo Korea tersebut digelar di desa perbatasan Panmunjom.

Dikutip dari Xinhua, Jumat (14/8/2018), Tiga anggota delegasi militer kedua belah pihak, dipimpin oleh perwira tingkat kolonel. Pembicaraan tersebut bertempat Tongilgak, sebuah gedung Korut di Panmunjom dan dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat. Isu-isu yang akan dibahas pada pertemuan ini, sebelumnya telah disetujui oleh kedua pihak militer pada akhir Juli lalu.

Pembicaraan militer ini terjadi menjelang pertemuan puncak antara Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un. Pertemuan duo pemimpin Korea didijadwalkan akan diadakan di Pyongyang selama tiga hari. Pertemuan tersebut akan dimulai dari 18 September minggu depan.

Para delegasi militer tersebut diperkirakan akan membahas cara-cara untuk meredakan ketegangan militer antara kedua Korea. Hal itu termasuk penarikan bagian dari pos penjaga di dalam zona demiliterisasi (DMZ), yang membagi Semenanjung Korea, atas dasar percobaan.

Tak ketinggalan pertemuan tersebut juga membahas dialog adalah cara-cara untuk melucuti Area Keamanan Gabungan (JSA) di dalam Panmunjom dan penggalian bersama sisa-sisa tentara yang gugur selama Perang Korea 1950-53.