Mengulik 5 Hal Tentang Milyuner China Jack Ma

Jack Ma pendiri Alibaba. Foto CNBC
Jack Ma pendiri Alibaba. Foto CNBC

Beijing,Sayangi.com- Salah satu pendiri raksasa perusahaan internet Alibaba dan salah satu terkenal Cina, Jack Ma,akan mengundurkan diri.

Posisinya akan digantikan oleh Direktur Pelaksana Daniel Zhang akan menggantikan Ma sebagai pimpinan perusahan dalam setahun lagi.

Ma akan turun pada ulang tahunnya yang ke-55 pada 10 September 2019. Ini akan menjadikannya pendiri pertama generasi wiraswastawan internet Cina yang mengundurkan diri dari perusahaannya.

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui terkait Jack Ma :
1. Dia seorang guru bahasa Inggris
Dilahirkan dari keluarga miskin di kota Hangzhou, Cina timur, Ma memulai karir sebagai guru bahasa Inggris sebelum menjadi seorang miliarder internet.

Ma harus berjuang keras di sekolah dan mengalami penolakan 30 kali, termasuk saat melamar ke restoran cepat saji KFC.

Dia membeli komputer pertamanya saat berumur 33 tahun dan terkejut ketika mengetahui tidak satu bir Cina yang muncul saat mencari di internet.

Tanpa memiliki latar belakang komputer, Ma turut mendirikan Alibaba di rumah susunnya hampir 20 tahun lalu. Kemudian ia meyakinkan sekelompok teman untuk menanam modal di pasar internetnya.

2. Jack Berlimpah Harta
Ma adalah orang terkaya ketiga Cina, dengan kekayaan bersih US$36,6 miliar atau Rp541 triliun, menurut daftar Forbes tahun 2017.

Dia memiliki hampir 9% Alibaba, yang sekarang bernilai US$420 miliar atau Rp6.208 triliun.

Tahun 2014, perusahaan tersebut mendapatkan US$25 miliar atau Rp369 triliun lewat penjualan saham perdana terbesar di dunia.

Melalui Alibaba, Ma menjadi tokoh berpengaruh yang menciptakan pasar baru dengan membangkitkan bisnis eceran dan keuangan baru di Cina.

Lewat fenomena pemasaran Singles’ Day, perusahaan ini mengalahkan dua hari pemasaran terbesar di Amerika Serikat – Black Friday dan Cyber Monday.

3. Jack Ma Seorang Dermawan
Setelah memikirkan rencana suksesinya sejak 10 tahun lalu, Ma mulai menarik diri dari perusahaan pada tahun 2013. Saat itu dia turun dari posisi direktur utama menjadi pimpinan dewan direktur.

Dia mengatakan dirinya ingin lebih melakukan kegiatan sosial lewat Jack Ma Foundation. Tiga tahun kemudian, yayasan untuk pendidikan berjanji menyumbangkan US$3 juta atau Rp44 miliar lewat program 10 tahun guna mendukung pengajaran di daerah pedesaan Cina.

Sementara dia berencana melanjutkan peran sebagai salah satu pendiri Alibaba Partnership, Ma sekarang menginginkan untuk kembali ke apa yang ia “senang lakukan” – pendidikan.

Baru-baru ini, saat diwawancara Bloomberg, Ma mengatakan “ada banyak hal yang dapat saya pelajari dari Bill Gates”, yang juga mendirikan yayasan sosialnya sendiri sebelum turun dari jabatan pimpinan Microsoft.

4. Presiden Trump Terlihat Menyukai Jack Ma
Bulan Januari tahun lalu, Ma mengatakan dia melakukan “pertemuan yang sangat baik” di New York dengan, Presiden AS Donald Trump.

Setelah pertemuan itu, dia mengatakan mereka berdua sepakat hubungan AS-Cina “seharusnya diperkuat. AS dan China seharusnya lebih bersahabat dan dapat menjadi lebih baik”.

Saat itu, Trump mengatakan Jack Ma adalah seorang “Pengusaha sangat besar, sangat besar, salah satu yang terbaik di dunia”, yang menyukai baik AS maupun Cina.

Ma berjanji membantu bisnis AS menciptakan satu juta pekerjaan baru dengan menggunakan situsnya sebagai tempat berjualan ke Cina.

Dia mengundurkan diri saat bisnis Cina menghadapi tantangan besar karena perang dagang AS dengan Cina.

5. Jack Ma Menyukai Kehidupan Germerlap
Salah satu pendiri Alibaba yang bersemangat dan karismatik ini menyukai kemewahan.

Pada tahun 2017, Ma membuat acara ulang tahun perusahaan menjadi acara “Thriller” lewat pertunjukan bertema Michael Jackson.

Tahun lalu, dia untuk pertama kalinya muncul berakting lewat film pendek kung fu pertamanya Gong Shou Dao. Dalam film tersebut dia bertanding kung fu dengan aktor Jet Li. Tak hanya hanya penggemar bela diri,sudah lebih dari 30 tahun Ma telah berlatih tai chi.

sumber: BBC news