Paus Setuju Pengunduran Diri Uskup AS yang Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Pastor Michael J.Bransfield. Foto Baltimore
Pastor Michael J.Bransfield. Foto Baltimore

West Virginia,Sayangi.com- Paus Fransiskus pada hari Kamis (13/9) menerima pengunduran diri seorang uskup Amerika Serikat. Uskup tersebut dituduh melakukan pelecehan seksual orang dewasa.

Dilansir dari VOA new Jumat (14/9),Pengunduran diri Uskup West Virginia, Michael J. Bransfield berlangsung tepat saat para pemimpin teratas Katolik gereja AS duduk bersama Paus Fransiskus. Pertemuan tersebut membahas skandal tuduhan pelecehan seksual yang melebar yang telah mengguncang gereja Katholik di beberapa negara.

Senada dengan peristiwa diatas, pihak berwenang Chile hari Kamis (13/9) juga telah merazia empat keuskupan sebagai bagian dari penyelidikan rohaniawan. Keempat rohaniawan tersebut dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur dan dugaan ditutup-tutupinya kasus ini oleh para uskup.

Sekarang ini Bransfield akan menghadapi investigasi Vatikan. Pengunduran diri Bransfield berlangsung beberapa minggu setelah Paus Fransiskus menyingkirkan Uskup Agung Theodore McCarrick dari Washington.

Tuduhan bermunculan bahwa Uskup McCarrick telah melecehkan seorang anak lelaki remaja pada tahun 1970-an beserta murid seminari serta pastor muda lainnya.

Para pengkritik Vatikan mengatakan Fransiskus telah bertahun-tahun memperoleh informasi yang kredibel tentang pelecehan seksual yang dilakukan oleh McCarrick. Akan tetapi Vatikan tidak mengkonfrontasi McCarrick tentang tuduhan itu.