Filipina Utara Disatroni Topan Mangkhut,2 Petugas Penyelamat Tewas

Badai Mangkhut yang melanda Filipina Utara. Foto ixi today
Badai Mangkhut yang melanda Filipina Utara. Foto ixi today

Manila,Sayangi.com- Topan Mangkhut yang bergeser menuju Hongkong telah menerjang wilayah Filipina utara. Topan Mangkhut membawa angin kencang yang disertai hujan deras. Dilaporkan jutaan orang mengungsi, dan kerusakan mulai terlihat di berbagai lokasi.

Dilansir dari Reuters Senin (17/9) dilaporkan dua petugas keselamatan tewas saat mencoba menyelamatkan warga yang terjebak tanah longsor. Petugas kepolisian setempat menyebutkan salah satu korban petugas tersebut ditemukan di sungai di Manila.

Pakar cuaca Badan Meteoroligi Jepang Hiroshi Ishihara menyebutkan Topan Mangkhut dianggap sebagai yang topan terbesar tahun ini.  Topan ini telah merusak bangunan, dan menumbangkan pohon pohon serta menyebabkan aliran listrik di sejumlah wilayah padam.

Senada dengan Ishihara, pakar badan cuaca  Filipina Chris Perez,menghimbau para warga untuk Tinggal di dalam rumah sampai Topan tidak bertiup lagi.“Ini adalah topan yang yang sangat kuat. Topan Mangkhut kali ini memiliki hembusan angin yang terkuat,imbuhnya.

Setelah mengungsikan jutaan warga, pemerintah Filipina meminta mereka yang masih bertahan di rumah masing-masing untuk tidak sekali-kali bepergian atau keluar rumah.