Sadiq Khan Walikota London Himbau Referendum Brexit Diulang

Walikota London Sadiq Khan. Foto Reuters
Walikota London Sadiq Khan. Foto Reuters

London,Sayangi.com- Wali Kota London Sadiq Khan serukan agar pemungutan suara terkait keanggotaan Inggris di Uni Eropa diulang kembali.

Menurut Khan, saat ini Perdana Menteri Inggris Theresa May yang memimpin negosiasi Brexit mengalami kebuntuan dan ketidakjelasan.

Warga Muslim pertama yang memimpin London itu menegaskan keadaan ini tidak bisa dibiarkan. Sebab, Inggris akan menuju jalur kehancuran jika persoalan Brexit tidak terselesaikan.

Khan menyebutkan “Kini Inggris berhadapan dengan kesepakatan buruk atau tidak sepekat dengan Brexit, kedua sangat beresiko,” ucap Khan

Tokoh oposisi dari Partai Buruh ini menyebut, kembali mengadakan pemungutan suara merupakan opsi terbaik yang mesti diambil PM Theresa May. Walikota Muslim London pertama ini menyatakan, saat ini pemerintah berhadapan dengan situasi kesepakatan Brexit yang tidak sepenuhnya mendapat persetujuan di dalam negeri.

Pemungutan suara Brexit telah berlangsung pada 23 Juni 2016. Saat itu, lebih dari 17 juta warga Inggris menyetujui rencana British meninggalkan Uni Eropa.

Rencana Inggris sepenuhnya keluar dari UE seharusnya rampung pada 29 Maret 2019. Hanya saja, beberapa rencana brexit yang dikemukakan PM May tak diterima sejumlah anggota Parlemen Inggris.

Dalam beberapa kesempatan, PM May menegaskan dirinya tidak menyetujui referendum lanjutan. May berencana melakukan pemungutan suara di parlemen untuk menentukan apakan kesepakatan final Brexit mendapat persetujuan atau tidak.

sumber: Reuters