Saat Mendarat di Pyongyang Moon Jae-In Disambut Pelukan Mesra Kim Jong Un

Begitu tiba di Pyongyang,Moon Jae-in langsung berpelukan hangat dengan Kim Jong un Pemimpin Korea Utara. Foto KBS
Begitu tiba di Pyongyang,Moon Jae-in langsung berpelukan hangat dengan Kim Jong un Pemimpin Korea Utara. Foto KBS

Seoul,Sayangi.com- Presiden Korea Selatan Moon Jae-in hari Selasa (18/9) kembali melintasi garis perbatasan yang dijaga ketat militer. Ia telah melakukan pertemuan ketiga kalinya dengan pemimpin Korea utara Kim Jong Un. Kedua pemimpin berupaya membuat terobosan dalam pembicaraan nuklir yang goyah antara Pyongyang dan Washington.

Pertemuan ketiga yang menjadi puncak antar-Korea itu akan menjadi uji coba bagi pertemuan berikutnya, yang baru-baru ini diusulkan Kim kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pertemuan pemimpin dua Korea akan memberikan tanda apakah Kim serius soal penghapusan senjata nuklir.

Saya akan melakukan dialog jujur dengan Pemimpin Kim tentang bagaimana menemukan titik kontak antara permintaan AS soal denuklirisasi dan permintaan Korut. Dialog tersebut ditujukan untuk menghentikan permusuhan serta jaminan keamanan,” tutur Moon kemarin (17/9) saat acara jumpa pers.

Moon telah mendarat di Korea Utara, Pyongyang hari ini Selasa (18/9). Moon telah disambut oleh pemimpin Korut Kim secara pribadi sebelum upacara penyambutan resmi dilangsungkan.

Begitu bertemu, kedua pemimpin duo Korea ini langsung berpelukan hangat. Seolah tak mau ketinggalan Kedua ibu negara pun tampak hangat dan mesra berbincang saat bertemu. Rakyat Korsel pun menyaksikan kedatangan presidennya ke Korut lewat tayangan televisi.

Setelah pemandangan indah diatas terjadi, Moon Jae-In kemudian disambut secara kenegaraan oleh Kim Jong Un. Kedua pemimpin direncanakan akan duduk bersama untuk melakukan pembicaraan resmi setelah makan siang, dan akan dilanjutkan dengan penampilan musik dan jamuan makan malam.

Pada Rabu (19/9), Moon dan Kim direncanakan akan mengungkapkan suatu pernyataan bersama dan perjanjian militer terpisah. Pernyataan tersebut dirancang untuk meredakan ketegangan hubungan serta mencegah perselisihan muncul. Moon akan kembali ke Korea Selatan pada Kamis pagi.

Sumber : SCMP